ABSTRAK.......................................................................................... i
KATA PENGANTAR......................................................................... iii
DAFTAR ISI....................................................................................... vii
DAFTAR TABEL............................................................................... x
DAFTAR LAMPIRAN....................................................................... xi
BAB I. PENDAHULUAN.................................................................. 1
A. Latar Belakang............................................................................. 1
B. Identifikasi Masalah..................................................................... 4
C. Pembatasan Masalah.................................................................... 7
D. Perumusan Masalah...................................................................... 8
E. Tujuan Penelitian.......................................................................... 8
F. Manfaat Penelitian........................................................................ 8
BAB II. KAJIAN PUSTAKA............................................................ 10
A. Landasan Teoritis.......................................................................... 10
1. Pengertian Katekisasi Sidi............................................................. 10
1.1. Katekisasi Sidi Sebagai Tindak Lanjut Baptisan Kudus............ 12
1.2. Katekisasi Sidi Sebagai Tugas Gereja........................................ 13
1.3. Tujuan Katekisasi Sidi................................................................ 17
1.4. Bahan-Bahan Pengajaran Katekisasi.......................................... 19
a. Alkitab........................................................................................... 19
b. Pengakuan Iman Rasuli................................................................ 20
c. Dasar Titah (Kesepuluh Firman Tuhan)....................................... 22
d. Doa Bapa Kami............................................................................ 23
e. Sakramen...................................................................................... 24
2. Tingkah Laku Remaja.................................................................. 25
2.1. Pengertian Tingkah Laku.......................................................... 25
2.2. Implikasi Materi Katekisasi Sidi terhadap
Tingkah Laku Remaja..................................................................... 27
2.3. Pengertian Remaja................................................................... 30
Remaja Ditinjau Dari Segi Usia................................................. 32
B. Kerangka Berpikir..................................................................... 34
1. Katekisasi Sidi........................................................................... 34
2. Tingkah Laku Remaja................................................................ 35
C. Hipotesis Penelitian................................................................... 36
BAB III. METODE PENELITIAN................................................ 37
A. Lakosi Penelitian....................................................................... 37
B. Populasi Dan Sampel........................................................... ..... 37
C. Defenisi Operasional................................................................. 38
D. Instrumen Penelitian................................................................. 39
E. Alat Pengumpulan Data............................................................ 43
F. Analisa Regresi.......................................................................... 45
BAB IV. Hasil Penelitian............................................................... 47
A. Deskripsi Hasil Penelitian......................................................... 47
1. Data Variabel X (Katekisasi Sidi).............................................. 47
2. Data Variabel Y (Tingkah Laku)................................................ 50
B. Penguji Persyaratan Analisis..................................................... 52
1. Uji Hubungan............................................................................. 53
2. Uji Signifikan Hubungan (uji t)................................................ 55
3. Persamaan Regresi Pengaruh X atas Y..................................... 56
4. Uji Signifikan Pengaruh........................................................... 62
C. Pengujian Hepotesis................................................................. 63
D. Pembahasan Hasil Penelitian................................................... 64
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN....................................... 66
A. Kesimpulan................................................................................66
1. Kesimpulan Berdasarkan Teori...................................................66
2. Kesimpulan Berdasarkan Hasil Penelitian.................................. 67
3. Kesimpulan Akhir....................................................................... 67
B. Saran........................................................................................... 67
Daftar Pustaka..................................................................................69
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kasih karunia dan ketabahan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan penulisan skripsi ini dengan judul: “PANGARUH KATEKISASI SIDI TERHADAP TINGKAH LAKU REMAJA DI GEREJA HKI SIMANUNGKALIT-PANGGABEAN RESSORT TARUTUNG UTARA KEC. SIPOHOLON, KAB. TAPANULI UTARA TAHUN 2010”
Penulis menyadari bahwa skripsi ini jauh dari sempurna, yang membutuhkan kontribusi dan kritikan demi perbaikannya. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritikan dan saran yang membangun demi sempurnanya skripsi ini.
Penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak akan dapat diselesaikan tanpa bantuan dan dukungan baik berupa moril dan materil dari beberapa pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis tidak lupa mengucapkan trimakasih kepada:
1. Bapak Drs. H. Sihombing, M.Th, selaku Pgs Ketua STAKPN Tarutung
2. Bapak Drs. R. Anakampun Selaku Ketua Jurusan Pendidikan Agama Kristen di STAKP Negeri Tarutung.
3. Unit Pelaksana Teknis Skripsi STAKP Negeri Tarutung, Ibu Dra. P. Naibaho, M.Th yang telah memberi waktu dalam pengaturan jadwal seminar.
4. Ibu Pdt. Rogate Gultom, M.Th Selaku Pembimbing I dan Ibu Pdt. Rencan Marbun, M.Th Selaku Pembimbing II, yang dengan sabar memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis selama penyusunan skripsi ini.
5. Bapak Pdt. J. Simorangkir, M.Th Selaku Kontributor I dan Bapak M. Sinambela, S.Th Selaku Kontributor II yang telah memberikan kritikan dan arahan demi kesempurnaan penulis skripsi ini.
6. Ibu Rida Gulton, M.Min Selaku Dosen Pembimbing Akademik yang telah banyak memberikan petunjuk dan arahan selama perkuliahan di STAKPN Negeri Tarutung.
7. Bapak/Ibu Dosen di STAKP Negeri Tarutung yang telah membimbing Penulis selama perkuliahan.
8. Bapak/Ibu Dosen di STAKP Negeri Tarutung yang telah membimbing penulis selama perkuliahan.
9. Staf Pegawai Perpustakaan di STAKP Negeri Tarutung yang telah banyak memberikan kesempatan dan informasi kepada penulis untuk melakukan kajian pustaka atas buku-buku di STAKP Negeri Tarutung.
10. Para Pegawai Tata Usaha yang telah mengusahakan yang terbaik dalam pengurusan surat-surat yang perlukan dalam penulisan skripsi ini.
11. Amang Pendeta A.M. Sianipar,S.Th Selaku Pendeta di Gereja HKI Simanungkalit-Penggabean dan Bapak M. Penggabean Selaku Guru Jemaat di Gereja HKI Simanungkalit-Penggabean yang telah memberikan ijin kepada penulis untuk melakukan penelitian di gereja yang dipimpinnya.
12. Bapak I.B. Gea Selaku Staf pengajar yang turut membimbing penulis dan memberikan arahan kepada penulis.
13. Teristimewa buat Ayah K. Hutasoit dan ibunda S. Lumban Toruan sebagai orangtua penulis yang telah memberikan dorongan dan bantuan baik moril maupun materil kepada penulis.
14. Buat Abang dan Istri: S. Hutasoit/ M. Simatupang, Pdt. H. Hutasoit, M.Th/ D. Simanjuntak, Robert Hutasoit, SP/ N. Mandrefa, Cosmos Hutasoit, S.Pd/ Hetty R. Simanjuntak, Darwin Hutasoit, ST/ R. Bancin yang telah memberikan arahan dan semangat kepada penulis.
15. Buat kakak tercinta : Lasma Hutasoit, B. Hutasoit, Gesmini hutasoit, J. Hutasoit yang telah memberikan arahan dan semangat kepada penulis
16. Teman-teman stambuk 2005 terkhusus: Yosafat Situmorang, Martha bancin, Julionaris Aritonang, Ismayanti Harianja, Riama Sianipar, Baginda Sitompul, Erita Sipahutar, Junita, Gomgom Sihombing serta teman-teman satu PA yang selalu menemani penulis baik suka maupun duka.
17. Teman-teman Satu Kost “Rumah Putih” : Irma Maringga, lilis Sitorus, Rince Pasaribu, Lasdo, Joel, Suryani Tambunan, Alex, Daniel, Sapril Silaban dan teman-teman yang lain yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu.
18. Semua pihak yang berbuat baik kepada penulis Jemaat Gereja HKI Simanungkalit-Penggabean yang telah berbuat baik dan memberikan dorongan kepada penulis.
19. Buat Adek-adek tingkat yang penulis kasihi : Lena Pasaribu, Sinta Tafonao, Priska Purba, Lena Nainggolan yang telah memberikan arahan dan semangat kepada penulis
20. Khusus buat adek tersayang Rince Purba yang telah meluwangkan waktunya dan memberikan motivasi kepada penulis.
21. Kepada Anggota PT K-LINK Internasonal: Calvin, Eduard Serep SP Tobing, Marlon Hutauruk, S. Manurung, Teddy Siregar, Krisman Marpaung yang telah memberi semangat dan dorongan kepada penulis.
22. Buat anggota PARMATOS (Parsadaan Mahasiswa Toga Sihombing): Simon Silaban, Sinta Hutasoit, Daniel Hutasoit, Armin Silaban, Dompak Hutasoit dan anggota yang lain yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu yang telah mendukung penulis dalam doa
23. Penulis tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yesus Kristus sang juruselamat yang memberi kesehatan kepada penulis di panjang penyususunan skripsi ini.
Akhir kata penulis berharap semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua khususnya dalam pendidikan dan pengajaran Agama Kristen Protestan Syalom
Tarutung, Mei 2010
Penulis
Lukas Pardomuan Hutasoit
NIM. 05. 04. 11. 2572
BAB I
PENDAHULUAN
Remaja adalah merupakan bagian dari gereja di mana remaja merupakan generasi penerus di dalam wadah gereja. Pada masa ini remaja cenderung menjadi objek pembicaraan umum, bukan prestasi yang diraihnya atau kebaikan yang telah dilakukannya, melainkan karena penyimpangan-penyimpangan tingkah laku mereka sehari-hari. Sehingga perbuatan-perbuatan mereka tidak sesuai lagi dengan nilai-nilai Kristiani. Penyimpangan-penyimpangan yang mereka lakukan di antaranya adalah: minum-minuman keras, berkelahi, tawuran memakai narkoba, malas mengikuti kebaktian dan membantah perintah orangtua.
Mengingat masa remaja adalah masa yang sangat rentan untuk melakukan hal-hal yang tidak baik atau yang bersifat negatif, maka perlu pembinaan remaja dilakukan sedini mungkin, seiring dengan perkembangan zaman yang begitu pesat saat ini banyak remaja terjerumus ke arah perbuatan atau tingkah laku yang kurang baik. Misalnya di dalam hal pemakaian narkoba dan menonton VCD forno banyak remaja awalnya ingin mencoba-coba dan akhirnya lama kelamaan dia akan ketagihan dan ingin mengulanginya lagi. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya pembinaan dari orangtua dan gereja. Para remaja perlu dibina dan di didik sedini mungkin agar mereka tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif yang akan mengakibatkan perbuatan fatal terhadap dirinya sendiri, keluarga maupun dalam masyarakat. Untuk itu perlu perhatian yang cukup serius dari keluarga dan gereja dalam menyikapi hal tersebut.
Di dalam keluarga perlu adanya pendidikan rohani bagi anak remaja dan gereja sendiri bertugas memberikan pelayanan katekisasi sidi terhadap remaja untuk pembinaan tingkah laku mereka agar sesuai dengan nilai-nilai Kristiani. Dalam hal ini katekisasi sidi sangat penting manfaatnya dalam kehidupan Kristiani dan percaya kepada Yesus Kristus. Katekisasi sidi yang diberikan kepada remaja sangat penting sekali untuk mempersiapkan mereka sebagai generasi penerus ke jenjang yang lebih dewasa untuk berbuat baik bagi dirinya, keluarga dan masyarakat. Dalam katekisasi sidi remaja juga dibimbing menuju kepada kedewasaan iman sebagai manusia yang beragama.
Dalam Alkitab telah diperintahkan bahwa pelayanan rohani di tengah-tengah keluarga Kristen secara terus menurus harus dilakukannya, yakni pada Ulangan 6: 6-7
“Apa yang telah Kuperintahkan kepadamu hari ini harus engkau perhatikan, haruslah engkau pengajarkannya berulang-ulang kepada anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumah, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun”
Dari nats Alkitab tersebut dapat dilihat bahwa pengajaran dilakukan terus-menurus di tengah-tengah keluarga tanpa mengenal tempatnya, waktu maupun keadaan yang sedang dihadapi, agar mereka mengenal sang penciptaNya dan percaya kepada Yesus Kristus sebagai Juru Selamatnya. Agar mereka mau melakukan kewajibannya yaitu berbakti dan melakukan apa yang diperintahkan oleh Tuhan kepada sesama manusia.
Selanjutnya dalam Kitab Amsal 22:6 yang mengatakan: didiklah orang muda menurut ajaran yang patut baginya. Maka pada masa tuanya ia tidak akan menyimpang dari jalan itu.
Dari nats tersebut dapat dilihat: bahwa pelayanan katekisasi sidi perlu bagi remaja yaitu sebagai pedoman ataupun pegangan di sepanjang hidup hingga hari tuanya kelak. Untuk itu gereja harus memperlengkapi atau membina jemaatnya melalui Firman Tuhan secara berkesinambungan. Jadi katekisasi sidi memegang peranan penting dalam membentuk tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Kristiani.
Menurut pengamatan penulis, tingkah laku remaja di gereja HKI Simanungkalit-penggabean kurang mencerminkan sifat Kristiani. Contoh tingkah laku mereka yang kurang baik antara lain: kurang menghormati orang tua, melawan perintah orang tua, begadang sampai pagi bahkan ada yang berjudi.
Banyak remaja beranggapan bahwa katekisasi sidi yang diprogramkan gereja hanyalah suatu syarat untuk menikah nantinya. Dengan adanya anggapan seperti itu sehingga mereka menganggap apa yang telah diterimanya dari gereja cenderung diartikan hanya sebagi pengetahuan saja tanpa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Melihat persoalan di atas penulis tertarik meneliti “PENGARUH KATEKISASI SIDI TERHADAP TINGKAH LAKU REMAJA DI GEREJA HKI SIMANUNGKALIT-PENGGABEAN RESSORT TARUTUNG UTARA KECAMATAN SIPOHOLON, KABUPATEN TAPANULI UTARA 2010”.
B. Indetifikasi Masalah
Faktor katekisasi sidi (X1)
Menurut E. G. Homrighausen dan I.H. Enklaar ( 2004: 109) mengatakan:
“Di dalam katekisasi sidi, gereja wajib membentangkan di hadapan mereka kebanaran dan keindahan iman Kristen, serta menginsafkan mereka tentang panggilan Tuhan, ialah supaya mereka memilih Dia saja sebagai satu-satunya tujuan hidup yang benar. Pemilihan itu katekisasi merupakan titik berat dari segenap pengajaran gereja”.
Dari pendapat di atas katekisasi sidi yang diberikan oleh gereja dapat mengarahkan remaja agar memiliki tingkah laku yang sesuai dengan norma-norma keKristenan. Dalam katekisasi sidi tersebut mereka menerima pengajaran dari Alkitab yang berisikan Firman Tuhan, agar mereka senantiasa melakukan apa yang telah di perintahkan oleh Tuhan dan menjauhkan laranganNya
Menurut Ny. Y. Singgih D. Gunarsa dan Singgih D. Gunarsa (2007:95) mengatakan:
“Pada anak sekolah, tingkah lakunya sesuai dengan peraturan yang berlaku, apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan. Perbuatannya dikaitkan dengan ancaman hukuman bila terjadi pelanggaran. Dan dengan hadiah bila mengikut peraturan”.
Sekolah juga dapat mempengaruhi tingkah laku remaja agar berbuat hal-hal yang baik sesuai dengan Firman Tuhan. Mereka mendapatkan hal tersebut khususnya dari Pendidikan Agama Kristen yang didapatnya dari sekolah. Di sekolah guru PAK berperan untuk membimbing dan mengarahkan mereka melalui kegiatan belajar dan mengajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Faktor keluarga ( X 3 )
Menurut J.L.CH. Abineno (2005:56) mengatakan:
“Keluarga adalah tempat yang mula-mula, dimana pendidikan dan bimbingan diberikan. Di situ orangtua berfungsi sebagai pengajaran-pengajaran (guru-guru) yang pertama. Pada waktu-waktu yang tertentu orang tua yang terutama ayah sebagai kepala keluarga mengumpulkan anak-anak mereka dan anak-anak lain yang tergolong pada keluarga mereka untuk memberikan kepada mereka pengajaran tentang hukum-hukum (ketetapan-ketetapan) Allah.
Dari pendapat di atas Keluarga adalah wadah yang paling penting peranannya dalam mempengaruhi tingkah laku remaja. Dalam hal ini orang tua berperanan untuk memberikan pembinaan rohani terhadap anak mereka agar senantiasa berbuat hal-hal yang baik yang sesuai dengan norma keKristenan. Hal-hal lain yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah dengan menyuruh anak mereka untuk mengikuti kebaktian Minggu, mengikuti berbagai kegiatan gereja.
Faktor lingkungan ( X 4 )
Lingkungan merupakan faktor eksternal yang dapat berpengaruh terhadap tingkah laku seseorang. Pengaruh ini terjadi karena keberadaan manusia itu di dalam lingkungan. Hal ini dapat dilihat misalnya: bila teman bergaul itu baik maka akan memberi pengaruh yang baik begitu juga sebaliknya.
TIM IKIP Malang Teori Empirisme yang dipelopori oleh Jhon Lock (1988:8) mengatakan:
“ Bahwa tiap individu yang lahir sebagai kertas putih dan lingkungan itulah yang menulis kertas putih itu. Pengalaman yang berasal lingkungan itulah yang mencantumkan pribadi seseorang, karena relatif lingkungan itu dapat diatur dan dikuasai”
Dari pendapat di atas dapat dilihat bahwa di tengah-tengah lingkungan yang baiklah remaja dapat mengikuti pergaulan yang baik, yang sesuai dengan norma keKristenan. Dengan kata lain lingkungan yang baik akan memberikan pengaruh yang baik terhadap tingkah laku remaja.
Menurut Jan S. Aritonang ( 1988:124- 134) ada faktor yang mempengaruhi tingkah laku remaja:
C. Pembatasan Masalah
Batasan masalah adalah langkah yang ditempuh untuk menyusun atau menentukan batas permasalahan dengan jelas sehingga mampu memberikan gambaran yang jelas tentang segi-segi mana yang termasuk dalam lingkup permasalahan.
Adapun hal-hal yang menjadi pembatasan masalah yang akan dibahas sebagai berikut:
1. Pengaruh Katekisasi sidi dikatakan sebagai Variabel
2. Tingkah laku remaja sebagai variabel Y
Menyadari keterbatasan waktu, keterbatasan dana dan kemampuan diri penulis, maka masalah di sini dibatasi sekitar “Pengaruh katekisasi sidi terhadap tingkah laku remaja”.
D. Perumusan Masalah
Sesuai dengan judul di atas, maka masalah dalam penelitian ini di rumuskan sebagai berikut “Apakah ada pengaruh katekisasi sidi terhadap tingkah laku remaja di gereja HKI Simanungkalit-Penggabean Ressort Tarutung Utara Kec. Sipoholon Kab. Tapanuli Utara 2010”
E. Tujuan Penelitian
Setiap kegiatan yang dilakasanakan, pada dasarnya memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan itu adalah merupakan puncak dari segala usaha maupun kegiatan yang dilaksanakan dengan rumusan masalah.
Demikian juga dalam penelitian ini, bahwa tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Katekisasi Sidi Terhadap Tingkah Laku Remaja di Gereja HKI Simanungkalit-Penggabean Ressort Tarutung Utara Kec. Sipoholon Kab. Tapanuli Utara tahun 2010”
F. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah:
1. Memberikan masukan bagi gereja dalam pelaksanaan katekisasi sidi di Gereja HKI Simanungkalit-Penggabean Ressort Tarutung Utara Kec. Sipoholon Kab. Tapanuli Utara Memberi masukan bagi gereja untuk lebih memperhatikan pelaksanan katekisasi sidi dalam membentuk tingkah laku remaja Kristiani.
2. Manfaat bagi penulis adalah sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Kristen jurusan PAK.
3. Memberikan masukan kepada pembaca skripsi agar dapat melaksanakan katekisasi sidi yang lebih baik
4. Memberikan sumbangsih kepada pendeta atau guru huria untuk melaksanakan katekisasi sidi agar remaja dapat mengikut Tuhan Yesus kristus dan ajaran-ajaran dari Alkitab.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Landasan Teoretis
1. Pengertian Katekisasi Sidi
Istilah katekisasi sidi pada saat ini telah umum dipergunakan dalam gereja protestan, khususnya yang dilaksanakan bagi kaum remaja sewaktu anak naik sidi (marguru malua). Menurut Tata Gereja HKI (2005:89) “Sidi ialah bimbingan dan pengajaran yang diberikan oleh gereja kepada anak-anak untuk menanamkan., memelihara dan mendewasakan pemahaman mereka terhadap Firman Tuhan, sehingga mereka menjadi anggota Jemaat yang dewasa dalam Iman, berkaitan kepada Tuhan dan terpuji dalam kehidupan bergereja”. pelayanan selanjutnya menurut R.J. Porter (1994:13) kata “katekisasi” berasal dari bahasa Yunani, artinya “pelajaran” istilah katekisasi ini sudah lama dipakai untuk pelajaran yang diberikan kepada siapa saja yang mau menerima dan mengakui iman Kristen. Secara sistematis ajaran Kristen itu dilayankan kepada orang yang disebut “katekumen” (Orang yang menerima ajaran Kristen). Dengan mengikuti katekisasi mereka akan mulai mengerti apa artinya menjadi seorang Kristen. Di samping itu, mereka juga diberi kesempatan untuk mendengar tentang jalan keselamatan dalam dan oleh Yesus Kristus serta mereka diajak mengikuti jalan itu.
Menurut F.D. Wellem (1997:174) Katekisasi berasal dari kata “Katekese” yang artinya pengajaran yang diberikan kepada calon baptisan (katekumen). Sebutan ini juga digunakan untuk buku pengajaran untuk calon baptisan.
Sedangkan sidi sering disamakan dengan kedudukan bahwa seseorang mulai mendapat izin untuk duduk di meja perjamuan kudus, seorang sidi adalah seorang anggota jemaat yang dengan sadar mengaku bahwa ia percaya kepada Tuhan Yesus sebagai juru selamatnya dan berjanji bahwa ia akan mengikuti Tuhan Yesus jadi seorang anggota sidi adalah seorang Kristen yang dewasa dan bertanggung jawab.
Menurut gereja Swedia (2000:40) membuat defenisi pelayanan sidi sebagai berikut:
“Pengajaran sidi adalah pelayanan kepada anak berumur belasan tahun selama satu periode dari kehidupan transisi mereka. Itu adalah tugas gereja membimbing mereka dan menjelaskan inteprestasi hidup gereja membimbing mereka dan menjelaskan interprestasi hidup berdasarkan pada babtisan yang ditawarkan kepada kita sebagai orang Kristen”
Selanjutnya R.J.Porter (1997:190) mengatakan: “Sidi berarti juga menyatakan bersedia memikul tanggung jawab sebagai anggota jemaat”
Sehubungan dengan hal tersebut di atas Homrighausen (1999:105) mengatakan:
“Dalam agama Yunani berusia genap pada umur 12 tahun disebut anak taurat yang mulai dianggap sebagai anggota yang bertanggungjawab dalam umat Israel”.
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa katekisasi sidi adalah suatu pengajaran agama Kristen yang ditujukan kepada anggota jemaat, khususnya kaum muda atau remaja umur 12 tahun sampai kepada orang dewasa yang belum kawin agar mereka menjadi anggota jemaat yang dewasa dalam iman.
1.1. Katekisasi Sidi sebagai tindak lanjut Baptisan Kudus
Bila seseorang yang telah lahir di luar kalangan Kristen menjadi percaya kepada Tuhan Yesus dan mau menggabungkan diri kepada gereja Kristen, maka di dalam kebaktian di gedung gereja diadakan suatu upacara yang disebut “Permandian” atau yang lazim disebut “Pembaptisan”. Baptisan berasal dari kata kerja Yunani yaitu: “Baptis” yang artinya membasahi.
Menurut R.J. Porter (1984:73) kata “Membaptiskan” artinya membasahi, menyelamkan, membasuh. Pembaptisan melambangkan pembersihan yaitu: pembersihan dari dosa.
Demikian juga halnya, bila seseorang anak lahir di tengah-tengah gereja sebagai lambang pengampunan dosa, kelepasan dari kematian dan iblis serta memberi keselamatan yang kekal kepada semua orang yang percaya kepada baptisan itu sebagai firman dan janji Allah dinyatakan.
Dalam upacara pembaptisan yang dilakukan di gereja orang tua dari anak yang akan dibaptis berjanjian akan mendidik, mengajar dan membawa anak mereka kepada persekutuan orang Kristen hingga mereka kelak menjadi orang yang Kristen yang dewasa dalam iman.
Baptisan yang dilakukan kepada anak adalah sebagai tanda bahwa ia sudah terhisap masuk kerajaan Allah yang telah dipercayakan kepada orangtuanya. Berdasarkan kenyataan ini, maka setiap anak Kristen harus sebagai tanda bahwa anak-anak telah masuk ke dalam Allah dan persekutuan dengan Kristus.
Setelah anak yang telah dibaptis tersebut tumbuh menjadi seorang anak remaja, maka dia diharuskan mengikuti katekisasi sidi sebagai tindak lanjut baptisan kudus yang dilayankan gereja untuk mereka, sebagaimana arti dari baptisan kudus bahwa mereka telah terhisap dan masuk ke dalam kerajaan Allah dan persekutuan dengan Yesus Kristus, maka dengan pelayanan katekisasi sidi mereka dituntun untuk lebih mengenal pengajaran agama Kristen dan menerapkannya di dalam kehidupannya sehingga mereka berhak menjadi anggota jemaat yang dewasa dan bertanggungjawab di dalam iman.
1.2. Katekisasi Sidi Sebagai Tugas Gereja
Menurut B. Purba (2003:3) “ Gereja memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mempersiapkan semua orang sepanjang masa dalam seluruh kehidupan, karena itu gereja menyambut anak-anak memasuki keluarga Allah melalui Babtisan Kudus”.
Pelayanan katekisasi sidi adalah merupakan tugas pokok gereja. Dalam hal ini gereja bukan hanya menyelenggarakan tetapi juga harus bertanggungjawab kepada perencanaan dan pelaksanaan katekisasi sidi tersebut. Sebagaimana tujuan dari pengajaran katekisasi sidi bukan hanya anak-anak yang diteguhkan menjadi siden dan menjadi anggota gereja yang resmi selain itu gereja juga harus memberitakan kabar kesukaan yang memanggilnya untuk mempercayainya segala janji Allah melalui Yesus Kristus sebagai juru selamatNya.
Dalam suasana belajar dan mengajar katekisasi sidi sangat perlu menumbuhkan minat perhatian remaja agar pengikut katekiasi tersebut dapat lebih memberikan perhatian terhadap apa yang sedang mereka pelajari. Di samping itu para pengajar katekisasi sidi perlu mengkaji ulang sampai sejauhmana keberhasilan mengajarnnya dalam memahami keberhasilan murid-muridnya dalam memahami pengajaran tersebut.
Untuk itu gereja perlu mengadakan program yang efektif dan relevan dan berminat pada pelajaran yang diberikan. Para pengajaran sidi juga harus memperhatikan jenjang perobahan situasi kepemudaan yang lebih dewasa, yang berkaitan dengan itu pergaulan intim di sekolah, seks, kehidupan keluarga, persahabatan serta memperhatikan isu-isu yang lebih umum seperti perang, lingkungan ekonomi dan apa artinya menjadi murid Yesus yang dewasa dalam hidup beriman. Sehubungan dengan itu Riedens dan Richardson ( 1980:12) mengatakan bahwa:
“Gereja harus dapat memberikan kepada anda bahan-bahan program yang terbaik yang dapat diperoleh. Bahan itu harus dapat memenuhi keperluan anda, berada pula dalam daftar pengertian anda, dapat menarik perhatian anda. Anda harus dilatih dalam kepemimpinan oleh sebab itu program dari remaja untuk remaja dan oleh remaja”
Dari kutipan di atas dapat dipahami bahwa gereja harus dapat memberikan bahan-bahan pengajaran katekisasi sidi sesuai dengan perkembangan zaman dan menggunakan metode yang tidak membosankan para anggota sidi. Pihak gereja juga harus berusaha untuk memberikan motivasi bagi remaja agar mau datang mengikuti katekisasi sidi tersebut dengan kemauannya sendiri.
Terjadi kebosanan bagi kaum remaja dalam mengikuti katekisasi sidi ada kalanya disebabkan oleh bahan yang disampaikan tidak menarik perhatian remaja. Menurut Robin dan Merchis Headfield ( 1979:89) ada delapan sebab pelayanan gereja yang membuat kurangnya perhatian remaja dalam mengikuti katekisasi sidi gereja antara lain:
1. Tempat pertemuan tidak cocok
2. Program tidak sesuai dengam mereka
3. Ada aktivitas lain yang lebih menarik perhatian mereka pada waktu yang sama
4. Waktunya tidak cocok
5. Pekerja-pekerjaannya tidak cocok
6. Para orangtua tidak mendukung program gereja
7. Cara menghadapi mereka salah
8. Remaja itu sendiri kurang dikendalikan
Dari kutipan di atas dapat dipahami bahwa gereja harus memperhatikan perkembangan remaja dan perkembangan zaman agar mereka tidak merasa bosan dalam mengikuti katekisasi sidi tersebut. Program-program yang tidak membosankan para anggota katekisasi sidi adalah seperti membawa para remaja untuk rekreasi dan mengadakan acara Bible Study, melakukan Penelahan Alkitab (PA) di tempat yang luas dan nyaman.
Seperti yang telah diketahui bahwa sidi merupakan langkah yang penting bagi kehidupan remaja Kristen, dengan demikian remaja Kristen mau mengatakan dan mengaku bahwa ia sendiri mau bertanggungjawab tentang imannya dan kehidupan sebagai orang Kristen. Peranan aktif calon sidi dalam pengajaran katekisasi sidi sangatlah dipengaruhi oleh kemauannya dalam merencanakan pengajaran yang terarah dan termotivasi. Begitu juga dengan pelayanan-pelayanan gereja yang memberikan pengajaran katekisasi sidi hendaknya menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tertulis dalam Matius 28: 19-20 yang berbunyi:
“Karena itu pergilah jadikanlah semua bangsa muridKu dari baptislah mereka dalam nama Bapa, anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepada mu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman”.
Dalam pengajaran katekisasi sidi tidak cukup hanya memeriksa calon sidi mengenai sejumlah pengetahuan tentang Alkitab dan pengakuan iman rasulinya, tetapi seorang calon sidi dapat menyadari apa artinya isi dari pengakuan Iman tersebut bagi kehidupanya sendiri.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas Bons Strom (1993:149-150) mengatakan sebagai berikut:
“Percakapan harus diadakan kepada pengikut katekisasi sidi kurang-kurangnya dua atau tiga kali seminggu. Isi percakapan itu sebagai berikut: pemeriksaan tentang isi Alkitab dan pengakuan Iman Rasuli, sebabnya calon sidi ingin mengetahui bagaimana sikapnya terhadap panggilannya sebagai seorang pengikut Yesus”.
Dari kutipan di atas dipahami bahwa perlu adanya percakapan atau hubungan antara majelis jemaat dengan calon sidi, untuk memperdalam pemahaman tentang Alkitab, pengakuan iman serta sikap seorang pengikut Kristus dan dalam penerapannya sehari-hari.
1.3. Tujuan Katekisasi Sidi
Salah satu fungsi dari tugas pelayanan gereja adalah memberikan pelayanan katekisasi sidi bagi kaum remaja. Pelayanan katekisasi sidi dilakukan kepada kaum remaja agar mereka mengenal dan memahami akan iman Kristen yang sesungguhnya, agar mereka menjadi dewasa dan bertanggungjawab akan hidup dan pelayanan pekabaran injil. Dengan kata lain mereka disiapkan supaya menjadi bertambah dewasa sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik di dalam dunia terlebih-lebih terhadap gereja sendiri.
Menurut Lembaga Pendidikan Kader GKJ/GKI (1989:23) “memberikan pengertian kepada para murid tentang maksud tujuan katekisasi sidi, dan bagian mereka di dalamnya
Dengan diberikan pengajaran katekisasi sidi kepada kaum remaja diharapkan agar mereka sanggup merealisasikan imannya dalam masalah kesaksian dan pelayanannya di dunia. Juga dapat dikatakan bahwa tujuan katekisasi sidi diberikan kepada kaum muda adalah untuk membangun diri kaum muda itu sendiri menjadi jemaat yang missioner di kemudian hari.
Dalam Efesus 4:13-15 dikatakan:
“Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah kepala”.
Dengan demikian dapat ketahui bahwa dengan diberikannya pengajaran melalui katekisasi sidi diharapkan juga agar mereka dapat menerima kehidupan baru, kehidupan yang bebas dan berkembang ke arah yang lebih baik. Dengan diberikannya pengajaran melalui katekisasi sidi diharapkan gereja melengkapi semua jemaatnya bagi suatu kehidupan yang bertanggungjawab di dalam dunia sebagai anggota-anggota yang dewasa dari gereja Kristus.
Menurut C.H. Abineno (1987:100), bahwa tujuan katekisasi adalah:
- Pendidikan atau pembinaan anggota-anggota jemaat untuk menyadari tugas-tugas mereka di dalam gereja, di dalam tujuan ini terdapat fungsi katekisasi sebagai hubungan antara babtisan dan perjamuan malam. Yang harus ditekankan. Disini menurut mereka adalah gereja sebagai tubuh kristus. Pengikut-pengikut katekisasi adalah harus mengetahui bahwa gereja adalah sesuatu persekutuan orang-orang kudus di dunia.
- Selanjutnya katekisasi mempunyai tujuan untuk mendidik anak-anak muda supaya menjadi hamba Allah yang bertanggungjawab.
- Tujuan katekisasi juga adalah menyampaikan pengetahuan tentang Allah
1.4. Bahan dan Materi Pengajaran Katekisasi Sidi
Bahan dan materi katekisasi sidi gereja di gereja HKI (2003:9) dalam buku pelajaran sidi mencakup antara lain:
a. Alkitab (Firman Tuhan)
Dalam pengajaran katekisasi sidi, Alkitab merupakan bahan yang utama. Alkitab bukanlah hasil dikte Allah kepada manusia melainkan Allah berkenan untuk memakai manusia sebagai alat-Nya melalui Roh Kudus.
Seperti firman Allah dalam II Tim 3:16 yang mengatakan: “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran”.
Dari nats tersebut dapat disimpulkan bahwa firman Allah yang terdapat dalam Alkitab berguna untuk mengajar, menyatakan kesalahan dan memperbaiki kelakuan manusia. Untuk itu pengajaran melalui Alkitab bagi remaja sangat perlu, mengingat masa remaja adalah masa yang sangat rentan untuk melakukan hal-hal yang kurang baik.
b. Pengakuan Iman Rasuli
Di dalam gereja protestan pengakuan iman rasulilah yang hampir selalu dipergunakan di dalam pengakuan iman ini. Jemaat mengaku apa yang menjadi dasar, pegangan hidup dan tujuan setiap orang percaya. Pengakuan iman percaya (khususnya pengakuan iman rasuli) itu singkat tetapi cukup padat. Dalam pengakuan percaya itu, jemaat mengaku Allah yang hidup dan benar, Allah Bapa yang menciptakan segala sesuatu dan Allah anak yang menjadi manusia, mati dan dikuburkan, bangkit dari antara orang mati untuk menyelamatkan manusia naik ke sorga dan duduk di sebelah kanan Allah. Roh kudus yang memanggil manusia beriman dan masuk ke dalam persekutuan orang kudus (gereja).
Selanjutnya dalam pengakuan iman itu, jemaat mengakui kesatuannya dengan seluruh orang percaya di dunia ini. Jemaat yang ini tidak sendiri, akan tetapi bersama-sama dengan sorga atau menyongsong kedatangan Yesus Kristus Raja segala raja untuk menjemput orang-orang percaya kepadaNya. Atas dasar kepercayaan kebersamaan seluruh orang percaya di dunia ini, maka jemaat memiliki kekuatan dan ketabahan di dalam menghadapi masalah-masalah yang ada di dunia ini.
Pengakuan Iman Rasuli dalam gereja protestan dibagi atas 3 bagian dan terdiri dari 12 pasal. Bagian pertama tentang Allah Bapa dan pekerjaanNya, bagian kedua tentang Yesus Kristus dan pekerjaanNya, bagian ketiga tentang Roh Kudus dan pekerjaanNya. Semua terkandung di dalam Pengakuan Iman Rasuli ini dijelaskan dalam pengajaran katekisasi sidi.
Menurut Niftrik Van. Boland J.B (2001:31-32) mengemukakan beberapa syarat dalam mengaku yaitu:
1. Mengaku dengan sungguh-sungguh itu dilakukan untuk penghormatan Tuhan
2. Mengaku dengan sungguh-sungguh ialah mengaku pada saatnya hal itu dituntut oleh Tuhan. Mengaku bukan saja terjadi dalam kebaktian dan gedung gereja, tetapi juga di tengah-tengah dunia ini.
3. Mengaku dengan sunggu-sungguh itu adalah memperdengarkan kesaksian Allah, bukan membela sesuatu pendapat atau anggapan.
4. Mengaku dengan sungguh-sungguh itu dilakukan dengan kebebasan. Pada saat itu kita harus mengaku, kita secara pribadi bertanggungjawab penuh dan kita tidak gentar terhadap nasib kita sendiri.
Kesimpulan dari pendapat di atas ialah bahwa jemaat disaat mengikrarkan Pengakuan Iman Rasuli harus dengan sungguh-sungguh serta harus dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam peneguhan sidi juga, anggota sidi harus mengucapkan Pengakuan Iman Rasuli yang menjadi dasar, pegangan hidup dan tujuan hidupnya. Menurut B.J. Boland (1984:91) berpendapat bahwa Pengakuan Iman Rasuli yang dipergunakan oleh gereja protestan adalah:
I. 1. Aku percaya kepada Allah Bapa yang maha kuasa khalik langit dan
bumi
II. 2. Dan kepada Yesus Kristus, anakNya yang tunggal Tuhan kita
3. Yang dikandung dari pada Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria.
4.Yang menderita di bawah pemerintahan Pontilius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan.
5. Pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati.
6. Naik ke sorga duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang Maha Kuasa.
7. Dan akan datang dari sana untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati
III. 8. Aku percaya kepada Roh Kudus
9. Gereja yang kudus dan AM
10. Pengampunan dosa
11. Kebangkitan daging
12. Dan hidup yang kekal Amin
c. Dasa Titah (Kesepuluh Firman)
Menurut B.J. Boland (1984:69) mengatakan bahwa: Hukum Allah tersebut dalam “kesepuluh perintah” (band Kel 20: 1-17; Ul 5: 6-21). Perintah-perintah itu didahului oleh “injil tentang anugerah dan kasih Allah (Band Kel 20: 1-2). Isi selanjutnya dapat diiktisarkan sebagai berikut:
Pertama : Kita harus percaya dan harus mempercayakan diri kita semata-mata kepada Allah yang hidup, sambil menolak segala rupa penyembahan berhala, baik yang kuno maupun yang modern. (Band 1 Kor 8: 5-6; Mat 6 : 24; Kis 12 : 21-23).
Kedua : Kita tidak boleh memuja patung-patung buatan manusia, ataupun membayangkan Allah sekehendak kita manusia. Allah sendiri sudah memperkenalkan diriNya, agar dengan benar-benar kita dapat mengabdi kepada-Nya (Band Kis 17: 29; Yak 14: 18-9).
Ketiga : Jangan kita menyalahgunakan nama Allah ( dengan perkataan-perkataan yang kasar ataupun yang salah). Allah sudah menyatakan nama-Nya agar dengan sungguh-sungguh kita mengakui Dia, berdoa KepadaNya dan memuliakan Dia (band Mat 7 : 27-23; Yoh 17:26; Fil 2:9-11)
Keempat : Hendaklah kita merayakan “hari perhentian” sebagai hari yang dikuduskan bagi Tuhan, supaya bersama-sama dengan JemaatNya kita diingatkan kepada perbuatan-perbuatan Allah, dan dikuatkan dalam harapan yang berdasar pada kebangkitan Kristus (band Yoh 20: 19; Ibr 10: 23-25; 1 Petr 1: 3-5).
Kelima : Sebagai tanda kewibawaan Tuhan atas hidup keluarga kita, kita harus menghormati ibu bapa kita, sebab merekalah pertama-tama yang ditugaskan Allah untuk memimpin mengajar dan memerintah kita ( band Luk 2 : 51; Ef 6: 1-3)
Keenam : Oleh karena hidup adalah pemberian Allah, maka dengan mutlak kita dilarang membunuh sesama manusia (biarpun dalam pikiran saja) begitu pula membunuh diri kita (Mat 5: 21-22; 27:3-5; 1 Yoh 3: 15)
Ketujuh : Hendaklah nikah (dan seluruh hidup seksual dijunjung tinggi sebagai pemberian Allah, sebab nikah itu mencerminkan persekutuan antara Kristus dengan jemaatNya, dan tubuh kita menjadi tempat kediaman Roh Kudus (Mat 5:27-28; Ef 5:28-32: I Kor 6: 18-20)
Kedelapan : Haruskah kita menjauhkan diri dari segala macam pencurian, korupsi dan tipu daya terhadap milik orang lain, supaya ternyata bahwa kita rindu akan dunia baru, dimana terdapat keadilan ( Mat 6: 19-20; Yak 4: 11-12; Yoh 8:44)
Kesembilan : Janganlah kita melancarkan tuduhan palsu terhadap sesama manusia, dimuka umum atau dengan diam-diam, tetapi hendaklah kita menjadi saksi-saksi kebenaran, sambil menentang pekerja siiblis yang menjadi pembohong dan Bapa pembohong. (band Mark 14:55)
Kesepuluh : Kita tidak saja dilarang untuk melakukan dosa dengan perbuatan-perbuatan, tetapi haruslah kita waspada juga terhadap segala keinginan yang timbul dalam hati kita, karena itulah akar segala kejahatan (band Rom 7:7; II Tim 6: 10; Mat 15:19).
Dasa titah (kesepuluh perintah) diajarkan kepada anggota katekisasi sidi agar mereka mengetahui bagaimana seharusnya hubungan kita dengan Allah (perintah I – IV) dan sesama manusia (perintah V – X) sebab itu segenap hukum Allah diringkaskan dalam “perintah yang terutama dan yang pertama” Mat 22:37-39).
d. Doa Bapa Kami
Menurut Burju Purba(2002:27) mengatakan bahwa : “ Doa Bapa kami” adalah Doa yang diucapkan secara bersama-sama menjelang kebaktian minggu berakhir.
Doa Bapa Kami mencakup hal atau aspek, yaitu:
a. Hubungan kita dengan Tuhan Allah
Dalam Doa Bapa Kami ini, kita mengaku, kekudusan kemuliaan dan ke Maha Kuasaan Allah dalam kerajaanNya dari selamanya sampai selama-lamanya.
b. Kebutuhan Dunia
Dalam Doa Bapa Kami ini, kita memohon supaya “kehendak Allah Bapa itu jadi di dunia ini, seperti kehendakNya yang telah jadi di sorga.
c. Kebutuhan Manusia
Dalam Doa Bapa Kami ini, kita memohon agar kiranya Tuhan Allah Bapa kita itu;
1. Memelihara hidup kita atau menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan dalam hidup kita sehari-hari.
2. Mengampuni segala dosa dan kesalahan kita
3. Menjauhkan segala jenis cobaan dan mengalahkan iblis yang senantiasa mengganggu atau membahayakan kita.
Jadi dapat disimpulkan bahwa “Doa Bapa Kami” adalah kesimpulan kebaktian minggu, baik itu yang dirumuskan dalam agenda maupun dia yang disimpulkan oleh warga jemaat secara pribadi.
b. Sakramen
Allah menyatakan diri kepada kita bukan hanya melalui firmanNya, tetapi juga melalui sakramen-sakramen yang ia tetapkan. Ada dua sakramen yakni: babtisan kudus dan perjamuan kudus, kedua-duanya dilayankan dalam persekutuan jemaat.
Menurut R. Soedermo (2002:234) mengatakan bahwa sakramen adalah tanda materai yang kelihatan dan suci yang ditentukan oleh Tuhan untuk menjelaskan sesuatu yang dijanjikanNya. Gereja protestan hanya mengenal dua sakramen, yaitu sakramen Babtisan kudus dan perjamuan kudus.
Babtisan kudus adalah merupakan tanda dari pengampunan dosa dari kematian dan iblis serta memberi keselamatan yang kekal kepada semua orang percaya kepada babtisan itu sebagai firman dan janji Allah yang dinyatakan. Sebagaimana yang tertulis dalam injil Markus 16: 6, Kristus berkata: “ Barang siapa yang percaya dan dibabtiskan, akan diselamatkan tetapi barang siapa yang tidak percaya akan dihukum”
Perjamuan kudus adalah: daging dan darah yang sebenarnya dari Tuhan kita Yesus Kristus melalui melalui roti dan anggur yang diberikan bagi orang Kristen, sesuai dengan penetapan Yesus Kristus sendiri. Perjamuan kudus merupakan keampunan dosa, kehidupan dan keselamatan diberikan kepada kita melalui firmanNya karena dimana ada pengampunan dosa, disitu ada kehidupan dan keselamatan.
2. Tingkah Laku Remaja
2.1. Pengertian Tingkah Laku Remaja
Secara umum pengertian tingkah laku adalah atau tindakan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. W.J.S. Poerwadarminta (1986:89) mengatakan: “tingkah laku ialah merupakan perangai atau kelakuan termasuk juga perbuatan maupun budi bahasa seseorang yang nampak dilakukan dalam kehidupannya sehari-hari”.
Bertitik tolak dari kutipan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian tingkah laku adalah segala tindakan, perbuatan atau kelakuan yang dinyatakan dalam hubungan dengan sesama manusia, maupun dengan Tuhan serta lingkungan hidupnya sendiri.
Dalam kitab I Tim 4:12 disebut betapa pentingnya tingkah laku itu dalam pelayanan hidup orang Kristen dimana dikatakan sebagai berikut: “jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda, jadilah teladan bagi orang-orang percaya dalam perkataanmu, dalam tingkah laku dalam kasihmu dalam kesetianmu dan dalam kesucianmu”.
Dari nats di atas diketahui bahwa tingkah laku sangat menentukan hidup dalam pelayanan Kristen, Tuhan sendiri akan mengamati setiap tingkah laku manusia seperti tertulis dalam Alkitab Yeremia 16: 17 disebutkan sebagai berikut : “sebab aku mengamat-amati segala tingkah langkah mereka; semuanya itu tidak tersembunyi dari pandangan-Ku, dan kesalahan merekapun tidak terlindung di depan mata-ku”.
Berdasarkan kutipan di atas, dapat diketahui bahwa tingkah manusia diperhatikan oleh Tuhan sendiri. Tuhan Allah menghendaki pengakuan manusia dalam iman percaya kepada Allah harus dinyatakan dalam tingkah laku yang nyata, sebab iman atau pengakuan percaya tanpa diikuti perbuatan akan sia-sia. Hal ini sesuai dengan Firman Tuhan yang tertulis dalam kitab Yakobus disebutkan “iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati (band Yak 2:14-26).
Lebih tegas dalam kitab Yehezkiel 7: 3 disebutkan sebagai berikut: “Kini kesudahanmu tiba, dan aku akan mencurahkan murkaku atasmu, dan aku menghakimi engkau selaras dengan tingkah lakumu, dan aku akan membalaskan kepadamu segala perbuatanmu yang keji”.
Dari kutipan di atas dapat diketahui bahwa tingkah laku sangat menentukan dalam hubungan dengan Tuhan maupun sesama manusia. Oleh karena itu katekisasi sidi di gereja perlu membina tingkah laku remaja untuk berpusat kepada kehendak Allah.
Untuk itu peranan katekisasi sidi di gereja perlu mengacu kepada pembinaan tingkah laku remaja dengan demikian pengetahuan agama Kristen yang diterima melalui katekisasi sidi dapat diwujudkan dalam bentuk tingkah laku atau sikap.
2.2. Implikasi Materi katekisasi Sidi Terhadap Tingkah Laku Remaja
Dalam kehidupan sehari-hari kita melakukan aktivitas mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi malam harinya. Semua kegiatan-kegiatan itu disebut dengan tingkah laku. Tingkah laku remaja yang dimaksud adalah kelakuan atau perbuatan remaja yang ditunjukkan dalam perkataan ataupun tindakan sehari-hari yang mencerminkan kasih Kristus sehingga menjadi teladan bagi orang lain. Adapun tingkah laku yang dimaksud antara lain.
a. Disiplin
Menurut pendapat Jhon M.D ( 1997:105) mengatakan:
“Disiplin artinya memberika pengajaran, mendidik dan melatih. Disiplin meliputi sifat remaja secara menyeluruh melalui pemberikan semangat pada tingkah laku yang baik dan membetulkan tingkah laku yang salah”.
Alkitab mengajarkan bahwa disiplin bagian dari kasih. (Ibr 12:6) artinya disiplin meliputi perintah teladan dan demonstrasi, komunikasi yeng jelas mengenai harapan-harapan dan konsekwensi, mengajar dan dorongan serta hukuman. Dengan demikian disiplin adalah tingkah laku yang menunjukkan kepatuhan peraturan.
b. Sopan Santun
Badudu Zain (1993: 1348) “Sopan santun adalah tata krama, tata tertib, adat atau kebiasaan yang penuh hormat”.
Dari kutipan di atas dapat dijelaskan bahwa sopan santun adalah tata krama, tata tertib, adat ataupun kebiasaan yang penuh dimana untuk membantu remaja tahu sopan santun dibutuhkan kesabaran serta waktu yang cukup sebagai permulaan anak diperkenalkan pada tata krama yang paling sederhana sehingga pada akhirnya menjadi kebiasaan yang tetap.
Contoh dari tingkah laku yang sopan santun adalah menghormati orang yang lebih tua, remaja harus mengakui bahwa orang tua adalah pemberian Tuhan yang mempunyai kewibawaan.
Di dalam Alkitab kita ajar untuk selalu hidup sopan (Rom 13:13). Dengan demikian kesopansantunan adalah tingkah laku anak yang penuh tata krama.
c. Bertanggung Jawab
Tanggung jawab/mendiri adalah mampu melakukan sesuatu tanpa di bantu orang lain. Dengan kata lain mampu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadanya. Hal ini dapat dilihat dalam Mat 25:1. di sini di gambarkan tanggung jawab seorang hamba yang dibebankan oleh tuannya kepadanya sehingga ia mendapat pujian dan kebahagian bersama-sama dengan tuannya. Dengan adanya rasa tanggung jawab maka remaja mengerti akan tugas dan tanggung jawabnya sehingga apa yang akan dikerjakannya dapat dilaksanakan dengan baik
d. Rajin
Badudu Zain (1999:1122): “ Rajin adalah sikap dan serius melakukan pekerjaan, sering melakukan sesuatu”.
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa rajin adalah suatu perbuatan/tingkah laku yang berlangsung secara terus menerus sehingga menjadi suatu kebiasaan. Dalam Alkitab kita dituntut untuk rajin bekerja dan meniru sifat semut dan selalu rajin dalam mengumpulkan nafkahnya sehari-hari (Ams 6:6-7). Jadi rajin adalah tingkah laku anak yang sudah menjadi kebiasaan dalam hidupnya sehari-hari. Misalnya sebelum makan atau hendak tidur selalu berdoa, atau setiap hari minggunya selalu pergi ke gereja.
e. Taat/Kepatuhan
Badudu Zain (1999:1392): “Taat/patuh adalah penurut terhadap perintah Ibu dan Bapa, taat kepada ajaran agama”.
Rasul Paulus menganjurkan agar anak-anak taat kepada orang tuanya, hal ini dapat kita lihat dalam Efesus 6:1. dari nats tersebut dapat disimpulkan bahwa taat adalah patuh kepada orang tua dalam arti mengakui kewibawaan orang tua dan menghargainya.
2.3. Pengertian Remaja
Menurut Ny. Astari E. Relmarisa (1993:3) adalah sebagai berikut:
a. Masa Remaja Awal/Pra Remaja
Mereka ini termasuk dalam golongan usia sikitar 12-15 tahun umumnya berada di bangku SLTP. Dalam masa ini mereka mengalami perubahan organis yang dengan cepat menunjukkan kematangan. Masa ini sering tersebut masa yang bersifat negatif. Gejala yang nampak adalah tidak tenang. Kurang suka kereja, lekas lelah, serta ingin berhias diri. Kemudian dengan rasa bangga karena pertumbuhan atau perubahan dalam dirinya memberikan kesadaran kepada mereka bahwa mereka bukan lagi anak-anak.
b. Masa remaja Madya.
Umur 15-18 tahun yaitu masa usia SLTA. Pada usia ini si remaja mulai merindu pujaan atau pendewa-dewakan. Timbul dorongan mencari pedoman hidup, mencari suatu yang dapat dianggap atau dipandang bernilai pantas yang dijunjung tinggi dan dipuja-puja.
c. Masa Remaja Akhir
Pada waktu Remaja duduk di perguruan tinggi atau setelah menginjak usia 18-22 tahun, maka pada dasarnya dia sudah mencapai masa remaja akhir dan mulai memasuki masa dewasa awal.
Dari uraian diatas remaja adalah merupakan masa transisi atau masa peralihan dari kanak-kanak menjadi dawasa. Masa remaja adalah masa yang banyak mengalami perobahan-perobahan, baik itu perobahan fisik maupun psikis, masa perobahan itu dapat disebutkan sebagai proses perkembangan yang sekaligus menimbulkan permasalahan lagi mereka sendiri.
Masa Remaja seperti yang dikemukakan oleh G. Konopkan yang dikutip oleh Dr. Singgih D. Gunarsa dan Ny. Singgih D. Gunarsa (1991:3) mengatakan bahwa “masa remaja” adalah merupakan fase yang paling penting dalam pembentukan sosial.
Anak dalam perjuangan mempertahankan kelangsungan hidupnya sangat tergantung kepada orang lain terutama pada orangtuanya yang mengatur dan mengurusnya. Perkembangan anak memasuki masa remaja sebagai masa peralihan sebelum memasuki masa dewasanya justru akan melepaskan ikatannya dengan orangtua. Remaja dalam proses pelepasan diri dari orangtua dan orang lain akan menunjukkan perubahan-perubahan sesuai dengan lingkungannya.
Dengan melihat masalah-masalah yang dihadapan oleh remaja maka akan mempengaruhi tingkah lakunya ditengah-tengah lingkungannya untuk itu remaja harus ditolong untuk mengenal diri agar tidak terbeban dengan masalah yang dihadapinya.
Penghayatan berbagai kecenderungan yang bertentangan dengan perasaan-perasaan remaja akan mengarahkan remaja tersebut mengintropeksi diri yang lebih kuat untuk menghadapi segala macam tentang didalam mempertahankan harga dirinya. Harga diri ini terbentuk sebagai hasil usaha mencoba petualangan menuju kearah stabilitas. Dengan demikian remaja akan lebih menerima dirinya dan dapat menentukan arah hidupnya sendiri kelak demi memasuki kehidupan di dalam masyarakat.
Remaja Ditinjau Dari Segi Usia
Mengenai batas usia remaja, para ahli mempunyai pandangan yang berbeda-beda, hal ini berhubungan dengan situasi daerahnya. Di Indonesia, misalnya sangat sulit menentukan usia permulaan dewasa atau remaja. Dari sudut hukum, kedewasaan ini ditentukan oleh umur dan status perkawinan. Usia 17 tahun kalau sudah menikah dikatakan sudah dewasa. Tetapi perbedaan para ahli tidak mengurai untuk mengenal batas usia remaja, maka batas usia remaja yang umum dipakai adalah sekitar usia 12 sampai 13 tahun.
Menurut Singgih D. Gunarsa dan, Ny.Singgah D. Gunarsa (1997:13) menyatakan bahwa: Usia remaja adalah masa persiapan manusia masa dewasa. Masa persiapan tersebut di bagi dalam beberapa hal:
A. Masa persiapan fisik: antara umur 11-15 tahun
B. Masa persiapan dari: antara 15-18 tahun
C. Masa persiapan dewasa antara 18-21 tahun
- Masa persiapan fisik antara umur 11-15 tahun
Pada masa ini proses yang sangat menyolok terlihat adalah dalam hal perubahan fisik, perubahan fisik pada masa ini adalah meliputi perubahan yang mudah diamati maupun yang sudah diketahui prosesnya. Yang mudah tampak adalah perubahan dalam tinggi badan, dan sebagainya perubahan fisik yang meliputi kedua-keduanya adalah perubahan sehubungan dengan pelaksanaan tugas dan peranan yang dewasa sebagai pria dan wanita. Dan yang erat berhubungan dengan proses persiapan fisik yang terjadi didalam tubuh dan sulit diamati, justru sering menimbulkan persoalan yang sukar ditarik. Misalnya suasa hati yang bergelora dan yang mencekam silih berganti sedemikian sulit dimengertinya sehingga sukar diredakannya.
- Masa persiapan diri : antara umur 15:18 tahun
Pada waktu memasuki masa persiapan yang kedua ini umumnya persiapan fisik sudah selesai dijalani. Kedewasaan tubuh dan kematangan seksual sudah sudah tercapai. Akan tetapi kedewasan dalam hal rasa tanggung jawab pelaksana tercapai. Akan tetapi kedewasaan dalam hal hal rasa tanggung jawab pelaksaan tugas-tugas belum sepenuhnya di peroleh pemberian tugas oleh orangtua tanpa bimbingan, hanya akan pengecewakan saja karena tugas tidak dilaksanakan sesuai dengan harapan mereka.
- Masa persiapan dewasa: antara umur 18-21 tahun
Memasuki masa dendewasaan tehap terakhir ini berarti telah dapat dapat diharapkan tercapainya status kedewasaan dalam lingkungan keluarga. Pada masa ini kebanyakan kaum muda belum pendapat kepastian tentang masa depannya.
Dari uraian diatas dapat dipahami usia remaja adalah usia perkembangan fisik maupun psikis. Masa remaja adalah masa yang rawan dan masa yang penuh tantangan, baik itu dari diri remaja itu sendiri maupun dalam pergaulannya.
B. Kerangka Berpikir
1. Katekisasi Sidi
Katekisasi sidi adalah suatu usaha pengajaran agama Kristen yang di tujukan kepada anggota jemaat, khususnya kaum muda atau remaja umur 12 tahun sampai kepada orang dewasa yang belum kawin agar mereka menjadi anggota jemaat yang dewasa dalam iman.
Dari uraian di atas yang dijelaskan bahwa katekisasi sidi sebagai tugas pelayanan gereja sangat besar pengaruhnya terhadap tingkah laku remaja. Hal ini dapat di lihat dari tingkah laku mereka sehari-hari, baik itu dari proses belajar mengajar katekisasi sidi dan dari pengalaman hidup sekarang dengan menerima pengajaran katekisasi remaja dapat berbuat dan bertindak dan menunjukkan tingkah laku yang baik, mengikuti kebaktian baik digereja maupun lingkungannya. Karena melalui kebaktian-kebaktian tersebut mereka diberi kesempatan untuk mendengar, memperdalam serta meneguhkan penghayatan iman akan firman Tuhan. Dengan demikian remaja menampakkan tingkah laku untuk memiliki, bertindak dan berbuat adil dalam hidupnya sehari-hari.
Untuk meningkatkan pengajaran katekisasi sidi di gereja hendaknya pihak gereja dapat melihat perkembangan zaman yang dihadapi oleh remaja. Untuk itu perlu adanya perencanaan dan pengelolaan mengenai program, kegiatan dan metodenya sehingga penyampaian pengajaran gereja terhadap remaja dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya perencanaan dan pengelolaan yang baik akan menarik minat para ramaja untuk mengikuti pengajaran katekisasi sidi tersebut dan secara tidak langsung mereka terhindar dari pengaruh negatif lingkungan telah memberikan waktunya sebagian besar terhadap kegiatan remaja.
2. Tingkah laku Remaja
Dengan melihat kemajuan teknologi yang begitu pesat, dapat mempengaruhi tingkah laku remaja untuk berbuat hal-hal yang tidak mencerminkan kehidupan kristiani. Tingkah laku mereka banyak menyimpang dari ajaran-ajaran Kristen. Hal yang paling nyata dapat dilihat dari pergaulan mereka sehari-hari, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Pergaulan bagi remaja adalah merupakan suatu sarana interaksi sosial. Disinilah remaja mulai memberi penilaian-penilaian terhadap masukan-masukan yang mereka terimah, apakah masukan tersebut baik bagi dirinya atau sebaliknya.
Oleh karena itu di dalam pergaulan remaja Kristen hendaklah harus betul-betul memperhatikan hal-hal yang berdasarkan ajaran kristiani yang berpegang teguh kepada perintah Allah sehingga hidupnya sesuai dengan kehendak Allah.
Remaja yang sudah menerima pengajaran Katekisasi Sidi yang diberikan oleh gereja haruslah berbeda tingkah lakunya dengan yang belum menerima katekisasi sidi tersebut. Mereka harus mencerminkan tingkah laku yang sesuai dengan etika Kristen dan mampu bertindak sebagai garam dan terang dunia dalam lingkungan sekitarnya. Tingkah laku yang di harapkan misalnya: Disiplin, bertanggung jawab, Sopan santun, Rajin, Taat dan Patuh.
C. Hipotesis Penelitian
Hipotesis adalah kesimpulan sementera bagi penelitian yang akan dilakukan, menunggu diperolehnya hasil yang sebenarnya dari proses data yang didapat dari lapangan tempat melakukan penelitian. Oleh sebab itu hipotesis yang diajukan oleh penelitian ini adalah: terdapat pengaruh katekisasi sidi yang positif dan signifikan katekisasi sidi terhadap tingkah laku remaja di gereja HKI Simanungkalit-Penggabean Ressort Tarutung Utara Kec. Sipoholon Kab. Tapanuli Utara Tahun 2010.
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Lokasi Penelitian
Tempat melaksanakan penelitian ini adalah kalangan remaja yang sedang mengikuti katekisasi sidi di gereja HKI Simanungkalit-Penggabean Ressort Tarutung Utara Kec. Sipoholon Kab. Tapanuli Utara. Penelitian ini berlangsung kira-kira bulan Mei 2010
Alasan penulis memilih lokasi penelitian ini adalah karena penulisan adalah anggota jemaat gereja tersebut sehingga mempermudah penulis dalam mengadakan penelitian.
B. Populasi dan Sampel
1. Populasi
Populasi untuk penelitian ini adalah keseluruhan remaja yang sedang mengkuti katekisasi yang berjumlah 30 orang (tiga puluh orang). Menurut Suharsini Arikunto (1997:115) adalah “Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian”. Dalam hal ini sebagai sasaran populasi dari penelitian ini adalah remaja yang mengikuti katekisasi dari penelitian ini adalah remaja yang mengikuti katekisasi sidi seluruhnya berjumlah 30 orang. Jumlah perempuan sebanyak 16 orang dan laki-laki sebanyak 14 orang.
2. Sampel
Suharsini Arikunto (1994:73) mengemukakan “Sampel adalah sebagian wakil atau wakil populasi yang diteliti dan lebih jauh dijelaskan”.
Apabila subjek kurang dari 100 lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi, selanjutnya jika jumlah subjek lebih besar dapat diambil antara 10%-15% dan 20%-25% atau lebih besar
Dari pendapat diatas yang menjadi sampel adalah keseluruhan remaja yang mengikuti katekisasi sidi yang berjumlah 30 orang.
C. Defenisi Operasional Variabel
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang berhubungan yaitu:
1. Variabel bebas yaitu: katekisasi sidi
Katekisasi sidi adalah pengajaran tentang firman Tuhan yang diberikan kepada anggota sidi supaya mereka menjadi warga jemaat yang dewasa, bertanggungjawab dan penuh kemandirian. Agar mereka dengan sadar mengaku bahwa ia percaya akan mentaati perintahNya dan menjauhkan laranganNya.
Katekisasi sidi merupakan langkah yang penting dalam kehidupan orang Kristen, karena dengan itu dan mengaku bahwa ia sendiri bertanggungjawab tentang imannya dan kehidupannya sebagai seorang Kristen.
2. Variabel terikat yaitu: tingkah laku remaja
Tingkah laku remaja adalah salah satu cara atau tindakan perbuatan oleh seseorang remaja yang diperlihatkannya untuk memenuhi suatu kebutuan, baik tingkah laku yang baik, yang kurang baik atau perbuatan yang baik yang tidak menghasilkan sesuatu bagi dirinya ataupun bagi orang lain.
D. Instrumen Penelitian
1. Jenis Instrumen
Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut:
a. Penelitian kepustakaan yaitu: untuk memperoleh data sekunder dengan membaca Alkitab, literatur atau bahan bacaan lainnya yang berhubungan dengan masalah penelitian ini.
b. Penelitian lapangan dengan menggunakan angket baik untuk variabel X maupun variabel Y yang dirancang sendiri oleh penelitian dikonsultasikan dengan dosen pembimbing.
2. Kisi-kisi Angket
TABEL
KISI-KISI ANGKET PENGARUH KATEKISASI SIDI
NO Aspek Yang Diteliti Indikator Nomor Item Jumlah
1 Materi katekisasi sidi variabel (X) a. Alkitab (firman Tuhan)
b. Pengakuan iman rasuli
c. Dasa titah
d. Doa Bapa Kami
e. Sakramen 1,2,3,4,5
6,7,8
9,10,11
12,13
14,15 5
3
3
2
2
Jumlah……………………………………………. 15
2 Tingkah laku remaja
Variabel (Y) a. Disiplin
b. Sopan santun
c. Bertanggungjawab
d. Rajin
e. Taat dan patuh 16,17,18
19,20,21
22,23,24
25.26,27
28.29.30 3
3
3
3
3
Jumlah…………………………………………….. 15
3. Skala Nilai Angket
Seluruh item angket yang berjumlah 30 butir diberi bobot alternative jawaban terdiri dari 4 option yaitu: a. Selalau b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak pernah, dengan skala nilai sebagai berkut:
Option a mendapat nilai 4
Option b mendapat nilai 3
Option c mendapat nilai 2
Option d mendapat nilai 1
4. Uji Coba Instrumen
Dalam pengujian instrumen dimaksudkan untuk menguji validitas dan realibitas, jika diperoleh indeks korelasi table (r tabel), maka instrumen penelitian telah memenuhi validitas, cara penulis untuk memperoleh data melalui instrumen adalah:
1. Penulis menetapkan bahwa keseluruhan unit populasi menjadi responden penelitian
2. Penulis membagikan instrumen kepada responden dan tanggungjawab dan lembaran pertanyaan-pertanyaan tersebut.
3. Setelah angket atau pertanyaan tersebut dijawab, maka penulis mengumpulkannya. Untuk menganalisa kesalahan (ketetapan mengukur apa yang mau diukur) angket, dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Prodcud Moment dari Pearon yaitu:
Dimana :
Skor rata-rata dari x
Skor rata-rata dari y
Suharsini Arikunto (1998:260) mengatakan harga hitung dikonsultasikan dengan cara menggantikan indeks korelasi hitung dengan klasifikasi sebagai barikut:
Antara 0,800 - 1.000 = Sangat tinggi
- antara 0,600 – 0,800 = Tinggi
- antara 0,400 – 0,600 = Cukup
- antara 0,200 – 0,400 = Rendah
- antara 0,000 – 0,200 = Sangant rendah
Dengan menggabungkan harga koefisien korelasi yang diperoleh dengan perhitungan ini yaitu rh = 1.000 dengan harga kritik produk moment, maka dapat ditetahui bahwa angket pada responden nomor satu (sebagai sampel perhitungan) sampai dengan responden namor sepuluh adalah sangat tinggi
Setelah instrument tersebut sudah valid (ketetapan mengukur apa yang mau diukur). Selanjutnya dilakukan perhitungan uji realibitas yaitu ketetapan suatu tes apabila diteskan kepada subjek yang sama. Untuk mengadakan uji reliabilitas digunakan rumus formula Alpha:
Dimana :
= Reliabilitas
= Banyaknya butir soal
= Jumlah varians butir
= Jumlah varians total
Harga dikonsultasikan dengan cara mengartikan indeks korelasi hitung dengan interprestasi sederhana yang dibuat oleh Suharsini Arikunto yaitu:
- Antara 0,800 – 1,000 = Sangat tinggi
- Antara 0,600 – 0,800 = Tinggi
- Antara 0,400 – 0,600 = Cukup
- Antara 0,200 – 0,400 = Rendah
- Antara 0,000 – 0,200 = Sangat Renda
E. Alat Pengumpul Data
Untuk memperoleh hasi yang diinginkan dan mendapat ketarangan-keterangan yang diperlukan, maka perlulah dicari dan dipergunakan alat pengumpulan data yang benar-benar dapat menjaring data diperlukan.
Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data tentang pengaruh katekisasi sidi terhadap tingkah laku remaja. Dalam rengka pengumpulan data tersebut dipergunakan angket. Angket yang dipergunakan disini adalah angket tertutup yangberisikan pertanyaan-pertanyaan yang disusun berdasarkan BAB II.
Adapun yang menjadi alas an penulis dalam menggunakan angket ini adalah :
1. Efisien dari segi waktu, biaya dan tenaga yang di pergunakan
2. Adanya keterbatasan kemampuan penulis dalam pengolahan
3. Data yang diperlukan lebih mudah terjaring
F. Tehnik Analisa Data
Untuk mengolah data penelitian ini digunakan rumus korelasi produk moment dari pearson sebagai berikut :
Dimana :
= Koefisien-koefisien antara gejala X dan gejala Y
= Jumlah dari produk x dan y
Interpretasi harga r hitung dilakukan dengan mengkonsultasikan harga r table dari product momen dapat r table, artinya terdapat antara variabel X dengan variabel Y dengan kata lain hubungan katekisasi sidi yang diberikan oleh gereja dengan tingkah laku remaja di HKI Simanungkalit-Penggabean Ressort Tarutung Utara Kec. Sipoholon Kab. Tapanuli Utara tahun 2010
Untuk menguji hipotesa penelitian ini apakah diterima (Signifikan) atau ditolak (tidak signifikan) maka penulis menggunakan rumus uji T yaitu:
Dimana :
t = Taraf nyata
r = Koefisien korelasi
N = Jumlah sampel
Dengan ketentuan;
Bila r hitung lebih besar dari r tebel maka hipotesa diterima. Bila t hitung lebih kecil dari t tabel maka hipotesa ditolak.
G. Analisa regresi
Analisis regresi bertujuan untuk mempelajari cara bagaimana variabel-variabel itu berhubungan. Untuk analisis regresi pada penelitian ini adalah ditetapkan variabel bebas adalah (x) dan varibel tak bebas (y) atau regresi (y) atas (x)
Untuk mencari analisis regresi atas kedua variabel tersebut, Sudjana, (1992 : 312) merumuskan
Lampiran 1
PENGARUH PENDIDIKAN KATEKISASI SIDI TERHADAP TINGKAH LAKU REMAJA DI GEREJA HKI SIMANUNGKALIT-PENGGABEAN RESSORT HUTARAJA, TARUTUNG UTARA KEC. SIPOHOLON, KAB. TAPANULI UTARA
I. Pengantar
Penyebaran angket ini bertujuan untuk mendapat data-data yang akan digunakan dalam penelitian untuk penyusunan Skripsi: Pengaruh pendidikan katekisasi sidi terhadap tingkah laku remaja di gereja HKI Simanungkalit-penggabean Ressort Hutaraja tahun 2010. jawaban ataupun informasi yang saudara berikan gereja ataupun di rumah. Oleh karena itu sangat diharapkan jawaban yang sesungguhnya, agar diperoleh data yang sebenarnya.
II. Petunjuk untuk mengisi angket
1. Tulislah nama dan jenis kelamin saudar
2. pilihlah adalah satu jawaban yang paling tepat menurut saudara
3. Kemudian berikan tanda (X) atau (√ ) pada jawaban saudara
III. Identitas diri
1. Nama :
2. Jenis Kelamin :
IV. Pertanyaan-pertanyaan
A. Aspek Materi Katekisasi Sidi
1. Setelah anda menjadi pengikut katekisasi sidi, apakah anda semakin rajin membaca Alkitab?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
2. Alkitab berisikan firman Allah kepada manusia untuk berbuat baik bagi sesamanya. Apakah anda selalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
3. Apakah anda selalu berdoa sebelum membaca Alkitab ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
4. dalam bergaul dengan sesama remaja di luar agama Kristen, apakah saudara dapat berperan sebagai terang sesuai dengan ajaran yang anda dapat dari gereja tanpa menyinggung perasaan mereka ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
5. Apakah anda pernah menyampaikan nasehat yang terdapat dalam firman Allah pada teman saudara ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
6. Jika anda sedang mengalami masalah apakah anda berdoa minta pertolongan Tuhan?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
7. Apakah anda percaya bahwa Roh Kudus senantiasa hadir dalam hidup anda?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
8. Setelah anda mempelajari Dasa Titah Khususnya isi dasa titah kelima. Apakah anda semakin menghormati orangtua ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
9. Setelah menjadi pengikut katekisasi sidi. Apakah anda semakin mengasihi teman?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
10. Jika anda menemukan sebuah dompet di tengah jalan, apakah anda akan mengembalikan kepada pemiliknya ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
11. Jika anda diajak teman untuk mengambil sesuatu yang bukan milik sendiri apakah anda mau ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
12. Setalah anda menjadi pengikut katekisasi sidi, apakah saudara semakin rajin berdoa ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
13. Setelah anda pengikut katekisasi sidi. Apakah anda percaya bahwa Allah memelihara hidup, mengampuni dosa dan menjauhkan segala cobaan hidup anda ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
14. Jika anda telah naik sidi nantinya, apakah anda bersedia untuk mengikuti perjamuan kudus ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak pernah
15. Setelah anda menjadi pengikut katekisasi sidi. Apakah anda yakin diselamatkan dari dosa ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
B. Tingkah Laku Remaja
16. Apakah anda hadir selalu tepat waktu pada saat akan mengikuti katekisasi sidi ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
17. Jika anda tidak hadir tepat waktu saat mengikuti katekisasi sidi, apakah guru jemaat menghukum anda ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
18. Apakah andah selalu mematuhi peraturan yang dibuat dalam hal pelaksanaan katekisasi sidi ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
19. Jika anda bertamu ke rumah teman anda, apakah anda terlebih dahulu permisi untuk pulang ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
20. Jika anda ditegur seseorang ditengah jalan, apakah anda membalas tegurannya?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
21. Apakah anda selalu menegur guru jemaat bila berjumpa di jalan ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
22. Jika guru jemaat memberikan tugas di rumah, apakah anda mengerjakannya ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
23. Dalam hal bekerja, apakah anda menyelesaikan tanpa bantuan orang lain ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
24. Jika anda diperintahkan orangtua anda untuk membersihkan rumah, apakah anda mengerjakannya dengan baik?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
25. Apakah anda hadir pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh gereja ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
26. Apakah anda berdoa sebelum makan ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
27. Apakah anda rutin membaca Alkitab setiap harinya ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
28. Jika orang tua anda menyuruh anda mengerjakan sesuatu hal, apakah anda menurutinya ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
29. Jika orangtua anda melarang anda tidak keluar malam. Apakah anda melanggarnya ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
30. Apakah anda selalu mentaati peraturan yang dibuat dalam pelaksanaan katekisasi sidi ?
a. Selalu b. Sering c. Kadang-kadang d. Tidak Pernah
DAFTAR PUSTAKA
Abineno JL. Ch, 1987. Sekitar Katekisasi Gereja, Jakarta; BPK Gunung Mulia
Arikunto Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian, Jakarta; PT. Reneka Cipta
Aritonang S. Jan, 1988. Buku Pedoman Katekisasi Sidi Di GKPI. Jakarta kantor Pusat
Barth. C, 1993. Teologi Perjanjian Laman, Jakarta; BPK Gunung Mulia
Boland. B. J, 1984. Inti Sari Perjanjian Lama, Jakarta; BPK Gunung Mulia
Bonstrom, 1993. Apakah Penggembalaan Itu, Jakarta; BPK Gunung Mulia
Bosehma H, 1995. Ringkasan Pengajaran Alkitab, Jakarta; BPK Gunung Mulia
Gunarsa D. Singgih Dan Ny. Y. Singgi D. Gunarsa , 1991. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja, Jakarta; BPK Gunung Mulia
................................., 2007. Psikologi Remaja, Jakarta; BPK Gunung Mulia
.................................., 1995. Psikologi untuk keluarga, Jakarta; BPK Gunung Mulia
.................................., 1997. Psikologi Untuk Muda-Mudi Jakarta; BPK Gunung Mulia
HKI, 2005. Tata Gereja Huria Kristen Indonesia, Pematang Siantar Kantor Pusat HKI.
Homrighausen, 1991. Pendidikan Agama Kristen, Jakarta; BPK Gunung Mulia
Homrighausen, Enklaar, 1999. Pendidikan Agama Kristen, Jakarta; BPK Gunung Mulia.
Kannit Smith, 2000. Buku panduan untuk pelayanan Sidi. The Lutheran World Federation, Jakarta; HBKP
Lembaga Pendidikan Kader GKJ/GKI Jateng, 1989. Berkumpul Di Sekitar Kristus, Jakarta; BPK Gunung Mulia
LAI, 1996. Alkitab
Porter R.J, 1987. Katekisasi Masa Kini, Jakarta; Yayasan Bina Kasih/OMF Cempaka Putih
Purba Burju, 2003, Pengajaran Sidi Di Huria Kristen Indonesia, Pematang Siantar Kantor Pusat HKI.
............, 2002. Buku Panduan Pelayanan Di Jemaat, Pematang Siantar Kantor Pusat HKI.
Poerwadarminta W.J.S. 1983. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta; BPK Gunung Mulia
Relmariasa Tri Astuti,E. Dan Ubra Luis, 1993. Pendidikan Agama Kristen Remaja. Jakarta; Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Universitas Terbuka
Sudjana, 1992. Metode Penelitian, Jakarta; PT. Reneka Cipta
Van Niftrik G. C. 2001. Dogmatika Masa Kini, Jakarta; BPK Gunung Mulia
Wellem F.D, 1997. Kamus Sejarah Gereja, Jakarta; BPK Gunung Mulia
Zain Badudu, 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta; BPK Gunung Mulia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar