RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMK -2 SWASTA YAPIM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
KELAS : X / I
MATERI POKOK : BERTUMBUH DAN SEMAKIN BERHIKMAT
ALOKASI WAKTU : 45 X 3
A . Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1Mensyukuri karunia Allah bagi dirinya yang terus bertumbuh sebagai pribadi dewasa
2.1Mengembangkan perilaku sebagai pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa
3.1Mengidentifikasi ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa
a.Menjelasakan ciri-ciri kedewasaan fisik
b.Menyebutkan 6 aspek perkembangan manusia
c.Menyebutkan 3 hal kematangan emosional manusia
4.1Menunjukkan ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa
a.Memberi contoh dewasa yang berhikmat dari Alkitab
b.Menyebutkan ketidak dewasaan Hopni dan pinehas
c.Menyebutkan masalah prilaku yang dihadapi Remaja
C . Tujuan Pembelajaran
1.Siswa mampu menjelasakan ciri-ciri kedewasaan fisik
2.Siswa mampu menyyebutkan 6 aspek perkembangan manusia
3.Siswa mampu menyebutkan 3 hal kematangan emosional manusia
4.Siswa mampu member contoh dewasa yang berhikmat dari Alkitab
5.Siswa mampu menyebutkan ketidak dewasaan Hopni dan Pinehas
6.Siswa mampu menyebutkan masalah prilaku yang dihadapi Remaja
D. Materi Pembelajaran
1.Ciri-ciri kedewasaan fisik
2.Ada 6 aspek perkembangan manusi
3. 3 Hal kematangan emosional manusia
4.Contoh dewasa yang berhikmat
5.Ketidakdewasaan Hopni dan pinehas
6.Masalah prilaku yang dihadapi remaja saat ini
E. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Ceramah
3. Pendekatan Scientifik
F.Media alat dan Sumber
1. Media : Laptop
2. Alat : Papan tulis
3. Sumber : Alkitab , Buku PAK kls X
G.Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Langkah-langkah / Model
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi /Stimulasi
|
1 . Ibadah Singkat : Bernyanyi,membaca nats Alkitab dan berdoa.
2.Mengabsen kehadiran siswa
3.Apersepsi / motivasi
|
20 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Menanyak
Mengeksplorasi
Mengasosiasikan
Mengomunikasikan
|
Siswa melihat perbedaan yang dialami siswa di SMP & SMK
Siswa menanyakkan apa ciri-ciri siswa yang belum dewasa (SMP)
Siswa menanyakkan apa ciri-ciri siswa yang sudah dewasa
Siswa mewawancarai 2 orang temannya yang duduk di SMP & SMK
Siswa merumuskan bagaimana ciri-ciri orang yang dewasa
Siswa membandingkan orang yang belum dewasa & yang sudah dewasa
Siswa memberikan criteria orang yang sudah dewasa
Siswa mempresentasikan hasil pengamatan siswa di depan kelas
Membritahukan kepada orang lain cri orang yang dewasa
|
80 Menit
|
Penutup
|
Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran
Guru memberikan umpan balik pembelajaran
Siswa mengerjakan PR
Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Siswa menutup pembelajaran dengan doa
|
35 Menit
|
Pertemuan Ke- 2
Kegiatan
|
Langkah-langkah / Model
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi /Stimulasi
|
1 . Ibadah Singkat : Bernyanyi,membaca nats Alkitab dan berdoa.
2.Mengabsen kehadiran siswa
3.Apersepsi / motivasi
|
20 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Menanyak
Mengeksplorasi
Mengasosiasikan
Mengomunikasikan
|
Siswa melihat perbedaan yang dialami siswa di SMP & SMK
Siswa menanyakkan apa ciri-ciri siswa yang belum dewasa (SMP)
Siswa menanyakkan apa ciri-ciri siswa yang sudah dewasa
Siswa mewawancarai 2 orang temannya yang duduk di SMP & SMK
Siswa merumuskan bagaimana ciri-ciri orang yang dewasa
Siswa membandingkan orang yang belum dewasa & yang sudah dewasa
Siswa memberikan criteria orang yang sudah dewasa
Siswa mempresentasikan hasil pengamatan siswa di depan kelas
Membritahukan kepada orang lain cri orang yang dewasa
|
80 Menit
|
Penutup
|
Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran
Guru memberikan umpan balik pembelajaran
Siswa mengerjakan PR
Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Siswa menutup pembelajaran dengan doa
|
35 Menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Langkah-langkah / Model
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi /Stimulasi
|
1 . Ibadah Singkat : Bernyanyi,membaca nats Alkitab dan berdoa.
2.Mengabsen kehadiran siswa
3.Apersepsi / motivasi
|
20 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Menanyak
Mengeksplorasi
Mengasosiasikan
Mengomunikasikan
|
Siswa membaca teks Alkitab 1 Raja-raja 3:16-28 ,
1 Sam 3:19
Siswa menanyakkan apa penyebab dalam cerita teks tersebut
Siswa menanyakkan apa masalah yang terjadi dalam cerita teks tersebut
Siswa merumuskan bagaimana mengambil keputusan yang benar
Siswa mewawancarai 2 orang ibu seperti contoh Alkitab tersebut
Siswa membandingkan kedewasaan iman & tidak kedewasaan iman
Siswa memberikan criteria orang yang dewasa iman
Siswa mempresentasikan hasil pengamatan siswa didepan kelasnya
Membritahukan kepada orang lain tentang ciri orang dewasa iman & berhikmat
|
80 Menit
|
Penutup
|
Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran
Guru memberikan umpan balik pembelajaran
Siswa mengerjakan PR
Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Siswa menutup pembelajaran dengan doa
|
35 Menit
|
H. Penilain
1.Jenis / Tekhnik penilaian : Tes uraian , kelompok , perorangan
2.Bentuk Instrumen Soal : Essay test
Soal :
1. Sebutkan ciri-ciri kedewasaan fisik
2. Sebutkan 6 Aspek perkembangan Manusia
3. Sebutkan masalah prilaku yang dihadapi remaja masa kini
4. Sebutkan 3 hal kematangan emosional siswa
5. Sebutkan Keidakdewasaan Hopni dan Pinehas
6. Sebutkan contoh dewasa yang berhikmat dalam Alkitab
Jawaban
1. Usia semakin bertambah , badan semakin tinggi / berat , pubertas , organ seksual berkembang
2. Aspek fisik , emosi , intelektual , social , moral dan spiritual
3. Tidak menerima keadaan diri , saling mengejek , ugal-ugalan , tawuran, narkoba , dan masalah seksualitas
4. Berani bertanggung jawab, jujur , hidup terarah kepada orang lain
5. Egois , pemarah , mengambil yang tidak haknya ( korupsi, mencuri), tidak setia pada tuhan
6. Raja Salomo memutus perkara , dua orang ibu yang memperebutkan anak yang hidup
3. Pedoman penilaian
A. Penilai Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
| ||||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
wawasan
|
Menyampaikan pendapat
|
Minat
| ||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
B. Penilain Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
| ||||
Bertanya
|
Argumentasi
|
Kritik
|
Bahasa
|
Pendapat
| ||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Jumlah Skor :
1. 3,67 – 4 : Sangat baik Rentang nilai : 1 – 4
2. 2,67 – 3,66 : Baik
3. 1,67 – 2,66 : Cukup
4. 1,00 – 1,66 : Kurang
Diketahui, Simp. Kawat, September 2013
Kepala Sekolah SMK-2 Swasta Guru Mata Pelajaran
YAPIM Simp.Kawat
Drs. H. Umar Bakri Lukas Pardomuan Hutasoit, S.Pd.K
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
T.P.2014/2015
SEKOLAH : SMK-2 SWASTA YAPIM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : X / I
MATERI POKOK : MENJADI MANUSIA DEWASA DALAM IMAN
ALOKASI WAKTU : 45 Menit X 3
A. KOPETENSI INTI:
B. KOPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
K.I. 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
K.I. 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K.I. 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.2: Mengidentifikasikan ciri-ciri pribadi yang terus bertumbu menjadi dewasa
- Menyebutkan tiga ciri-ciri kedewasaan yang benar
K.I. 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
4.2: mengujudkan ciri-ciri pribadi yang terus bertumbu menjadi dewasa
- Tidak muda dihombang-hambingkan oleh bujuk rayu oleh ajaran-ajaran sesahat baik dari dunia keyakinan agama maupun nilai-nilai masyarakat di masa kini.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu menjelaskan pribadi yang terus bertumbu menjadi dewasa
2. Siswa mampu menyebutkan tiga ciri-ciri kedewasaan yang benar
3. Siswa mampu pengidentifikasikan ciri-ciri kedewasan yang benar
D. MATERI PEMBELAJARAN
Bertumbu menjadi dewasa
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Diskusi dan demonstrasikan
2. Cerama
F. MEDIA ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : Laptop
2. Alat / bahan : VCD, Invocus, papan Tulis
3. Sumber belajar : Buku pegangan siswa kelas X Pendidikan Agama Kristen
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJATAN
Pertemuan ke.4
| |||
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Diskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan / kegiatan anak
|
Menciptakan situasi atau simulasi
|
1. Ibada singkat: bernyanyi, membuka nats alkitab dan berdoa
2. Mengabsen kehadiran siswa
3. Apersepsi /motivasi
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Identifikasi masalah
|
Menyampaikan informasi tentang.
- Bertumbu menuju kedewasaan yang benar
- Menyebutkan tiga ciri-ciri kedewasaan yang benar
|
80 menit
|
Observasi
|
Mengajukan pertanyaan tentang informasi yang belum dipahami
- Mencari di internet tentang ciri-ciri kedewasaan yang benar
| ||
Pengumpulan data
|
Memperhatikan dan mengamati kedewasaan yang benar di internet.
| ||
Pengolahan data verifikasi
|
Mengisi cek list tentang bertumbu menuju kedewasaan yang benar
Mengolah dan mengahamati data (dalam cek list) apakah manusia dapat bertumbuh menuju dewasa yang benar
| ||
Generalisasi
|
Prensentase hasil
- Membamdingkan hasil yang dimiliki dengan peserta lainnya
- Membuat kesimpulanan tentang pengorbanan bagi diri orang lain
| ||
Penutup
|
Siswa dan guru menerima hasil kegiatan. Guru memberi penghargaan, misalnya : pujian atau bentuk yang lain (bagi kelompok yang berkinerja baik)
Peserta didik menjawab kuis dari guru tentang tanggung jawab dan dewasa
Menutup dengan doa di pimpin oleh siswa atau guru sesuai dengan daftar petugas ibadah setiap pertemuan pembelajaran
|
40 enit
|
Pertemuan ke.5
| |||
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Diskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan / kegiatan anak
|
Menciptakan situasi atau simulasi
|
1. Ibada singkat: bernyanyi, membuka nats alkitab dan berdoa
2. Mengabsen kehadiran siswa
3. Apersepsi /motivasi
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Identifikasi masalah
|
Menyampaikan informasi tentang.
- Bagaimanakah bertumbu menuju kedewasaan yang benar
|
80 menit
|
Observasi
|
Mengajukan pertanyaan tentang informasi yang belum dipahami
- Mencari di internet tentang ciri-ciri kedewasaan yang benar
| ||
Pengumpulan data
|
Memperhatikan dan mengamati kedewasaan yang benar di internet.
| ||
Pengolahan data verifikasi
|
Mengisi cek list tentang bertumbu menuju kedewasaan yang benar
Mengolah dan mengahamati data (dalam cek list) apakah manusia dapat bertumbuh menuju dewasa yang benar
| ||
Generalisasi
|
Prensentase hasil
- Membamdingkan hasil yang dimiliki dengan peserta lainnya
- Membuat kesimpulanan tentang pengorbanan bagi diri orang lain
| ||
Penutup
|
Siswa dan guru menerima hasil kegiatan. Guru memberi penghargaan, misalnya : pujian atau bentuk yang lain (bagi kelompok yang berkinerja baik)
Peserta didik menjawab kuis dari guru tentang tanggung jawab dan dewasa
Menutup dengan doa di pimpin oleh siswa atau guru sesuai dengan daftar petugas ibadah setiap pertemuan pembelajaran
|
41 enit
|
Pertemuan ke.6
| |||
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Diskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan / kegiatan anak
|
Menciptakan situasi atau simulasi
|
1. Ibada singkat: bernyanyi, membuka nats alkitab dan berdoa
2. Mengabsen kehadiran siswa
3. Apersepsi /motivasi
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Identifikasi masalah
|
Menyampaikan informasi tentang.
- Apakah alasan orang bertumbu menuju kedewasan yang benar
|
80 menit
|
Observasi
|
Mengajukan pertanyaan tentang informasi yang belum dipahami
- Mencari di internet tentang ciri-ciri kedewasaan yang benar
| ||
Pengumpulan data
|
Memperhatikan dan mengamati kedewasaan yang benar di internet.
| ||
Pengolahan data verifikasi
|
Mengisi cek list tentang bertumbu menuju kedewasaan yang benar
Mengolah dan mengahamati data (dalam cek list) apakah manusia dapat bertumbuh menuju dewasa yang benar
| ||
Generalisasi
|
Prensentase hasil
- Membamdingkan hasil yang dimiliki dengan peserta lainnya
- Membuat kesimpulanan tentang pengorbanan bagi diri orang lain
| ||
Penutup
|
Siswa dan guru menerima hasil kegiatan. Guru memberi penghargaan, misalnya : pujian atau bentuk yang lain (bagi kelompok yang berkinerja baik)
Peserta didik menjawab kuis dari guru tentang tanggung jawab dan dewasa
Menutup dengan doa di pimpin oleh siswa atau guru sesuai dengan daftar petugas ibadah setiap pertemuan pembelajaran
|
42 enit
|
H. PENILAIAN
1. Jenis / teknik penilaian : Test Uraian, Kelompok Dan Perorangan
2. Bentuk instrumen dan instrumen : Essay test
1. Jelaskan tiga ciri-ciri kedewasan yang benar?
2. Jelaskan bagaimana ciri-ciri yang dewasa yang benar dalam mengambil suatu tindakan dalam hidupnya?
Jawaban :
1. A. Sikap
B. Prilaku
C. kematangan bersikap
2. Tidak muda dihombang-hambingkan oleh bujuk rayu ajaran-ajaran yang sesahat, baik dari dunia keyakinan agama, maupun nilai-nilai masyarakat di masa kini
3. Pedoman Penskoran
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total nilai
|
Presentasi
| ||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
| ||||
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
| |||
Aspek yang dinilai:
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumentasi.
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
| Nama Siswa |
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |||
1
| |||||||
2
| |||||||
Dst
|
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Diketahui, Simp. Kawat, September 2013
Kepala Sekolah SMK-2 Swasta Guru Mata Pelajaran
YAPIM Simp.Kawat
Drs. H. Umar Bakri Lukas Pardomuan Hutasoit, S.Pd.K
Tidak ada komentar:
Posting Komentar