ANUGERA DARI DIA

TUHAN MEMBERKATI KAMI

Selasa, 27 Agustus 2013

Pertumbuhan Gereja Dipandang Dari Sisi Amanat Agung


PERTUMBUHAN GEREJA DIPANDANG DARI SISI
AMANAT AGUNG

Pdt. Octavianus Nathanael, M.Th., Ph.D.


PERKENALAN DIRI:
         Bachelor of Theology dari Trinity Academy Pietermaritzburg, Afrika Selatan.
         Sarjana Theologia (STh) dari STT. Misi William Carey, Medan.
         Master of Ministry (M.Min.) dari Vision University, USA.
         Magister Teologi (M.Th) dari STT. Misi William Carey, Medan.
         Doctor of Philosophy (Ph.D.) dari University of Jerusalem
         Advanced Leadership Training dari Haggai Institute Hawai USA (2007)

Sekarang kita sedang menuai pertobatan yang berpusatkan pada manusia, karena kita lebih memperdulikan manusia daripada Tuhan....Kita lebih tertarik kepada Tuhan melayani manusia daripada kepada manusia melayani Tuhan.(DeVern Fromke)



DOSA BERKUASA DI
GEREJA-GEREJA
v     Martin Luther :
 “Hakekat dosa adalah manusia mencari kepentingannya sendiri di dalam segala sesuatu, bahkan di dalam Tuhan.”

Hedonisme dan Materialisme berkuasa di gereja-gereja.
Penginjilan dilakukan dengan salah dan diganti dengan kegiatan gereja lainnya seperti penyembahan, liturgis, pelayanan pastoral, pelayanan sosial dan berharap ada anggota baru yang datang ke gereja

Pengalokasian dana, waktu dan personal yang kurang sesuai dan kurang tepat
Penginjilan dilakukan dengan salah dan diganti dengan kegiatan gereja lainnya seperti penyembahan, liturgis, pelayanan pastoral, pelayanan sosial dan berharap ada anggota baru yang datang ke gereja.

Pengalokasian dana, waktu dan personal yang kurang sesuai dan kurang tepat
v     Gereja – Penginjilan Dasar
Banyak gereja-gereja yang memanfaatkan ibadah-ibadah yang ada dan program-program mereka sebagai alat untuk menjangkau yang terhilang, atau “domba-domba Israel yang terhilang”


Insanity is ..
 Doing the same things
 over and over again and
 expecting different results (Albert Einstein)

Kegilaan adalah:
Melakukan hal yang sama berulang-ulang dan
mengharapkan hasil yang berbeda


Metode :
  1. Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR)
  2. Penginjilan Pribadi

SURVEY TERHADAP 14.000 ORANG
YANG BARU MENJADI KRISTEN
Pertanyaan: Apa yang menyebabkan
anda datang pada Tuhan Yesus?
         KKR                                       -           0,5%
         VISITASI                              -           1-2%
         PROGRAM GEREJA         -           2-3%
         GEREJA ANAK                  -           4-5%
         PENDETA                            -           5-6%
         TEMAN/RELASI                 -     75-90%

Jumlah Penduduk Dunia s/d July 2012 7,021,836,029 (est.)
ž     Christian 33.39% (of which Roman Catholic 18.85%, Protestant 8.15%, Orthodox 4.96%, Anglican 1.26%),
ž     Muslim 22.74%,
ž     Hindu 10.8%,
ž     Buddhist 6.77%,
ž     Sikh 0.35%,
ž     Jewish 0.22%,
ž     Baha'i 0.11%,
ž     other religions 10.95%,
ž     non-religious 9.66%,
ž     atheists 2.01%. (2010 est.)
ž     Berapa Faktor Yang Menyebabkan Umat Islam Menjadi Kristen
ž     Hasil penelitian terakhir perpindahan dari Islam menjadi Kristen
ž     Suatu survey dari Fuller Theological Seminary di Amerika olehJ. Dudley Woodberry, Russell G. Shubin, dan G. Marks, 24 Oktober 2007, berikut ini adalah ringkasannya : 
ž      Seorang mantan Sufi dari Afrika Utara membuktikan bahwa tidak ada perbedaan antara kepercayaan moral dengan praktek dalam kehidupan orang Kristen yang ia telah lihat.
ž      Seorang Mesir telah membandingkan kasih sekelompok Kristen di Universitas Amerika dengan perlakuan tanpa-kasih dari murid dan mahasiswa yang ada di Medina, Arab Saudi.

ž     Pada akhir tahun 1960, terdapat perubahan besar pada pengikut Kristus di antara orang-orang Jawa di Indonesia, mengikuti pertikaian antara orang-orang Islam dan orang-orang Komunis. Kami telah melihat pergerakan-pergerakan yang serupa di Afrika Utara dan Asia Selatan, termasuk hal-hal kecil di lain tempat.

ž     Dalam kenyataannya, dan mungkin berlawanan dengan perasaan, jumlah dari orang-orang Kristen baru setiap tahunnya jauh melampaui jumlah orang-orang Islam baru, meskipun rata-rata pertumbuhan pertahun untuk Muslim (1,81%) lebih tinggi dari Kristen (1,23%). Abad kemarin, orang Kristen bertumbuh lebih rendah dari orang Islam, dimana Muslim bertumbuh dari 12 sampai 21% dari keseluruhan populasi pada waktu itu. Tapi ini kejutan yang luar biasa. Kekristenan memiliki lebih banyak jumlah total pengikut dari pada Islam. Orang Islam bertambah di sub-Sahara Afrika dan diantara orang Afrika-Amerika oleh perpindahan (agama), namun di tempat lainnya, pertumbuhan pada umumnya melalui kelahiran dan imigrasi. Pertumbuhan utama untuk orang-orang Protestant, khususnya Evangelikal dan Pentakosta adalah melalui perpindahan (agama).
ž     Antara 1991 dan 2007, sekitar 750 orang Islam yang telah memutuskan menjadi pengikut Kristus, telah mengisi formulir pertanyaan kilat untuk pertanyaan-pertanyaan dasar. Pengisi formulir berasal dari 30 negara dan 50 kelompok suku mewakili setiap wilayah dari dunia Muslim (lembar pertanyaan tersedia di [dudley@fuller.edu] dalam melihat sebuah kehidupan di dalam iman.
ž     Kita dapat melihat pada pengalaman-pengalaman terpenting yang telah memperngaruhi orang-orang Islam. Para responden telah menempatkan gaya hidup orang Kristen sebagai pengaruh yang sangat penting di dalam keputusan mereka mengikut Kristus.
ž     Seorang wanita Oman menyaksikan bahwa orang Kristen memperlakukan kaum wanita sederajat.
ž     Lainnya melihat pernikahan-pernikahan Kristen yang berlandaskan kasih sayang.
ž     Beberapa orang miskin mengatakan, pekerja-pekerja Kristen asing memiliki kehidupan yang sederhana, memakai pakain lokal dan mengikuti budaya setempat; tidak makan babi, minum bir atau menyentuh lawan jenis.

ž     • Seorang Maroko bahkan telah diterima oleh bekas ipar Kristennya setelah pernikahannya mengalami masa-masa yang sukar.
ž     Banyak orang-orang Islam yang menghadapi kekerasan dari orang-orang Islam lainnya tidak melihat itu dalam kehidupan orang-orang Kristen yang mereka kenal.Kekerasan sesama orang Islam telah membawa banyak orang Islam melihat kenyataan, yaitu mereka yang masih hidup setelah terjadinya perang antar suku tahun 1971 antara Pakistan Timur dengan Barat, perang Arab dan Berber di Afrika Utara, serta antara Arab dengan Negro Afrika di Darfur.
ž     Kebanyakan faktor-faktor yang didaftarkan oleh mantan Muslim adalah bagaimana pengalaman-pengalaman campur tangan keajaiban Tuhan semakin bertambah setelah mereka memutuskan mengikuti Kristus.
ž     Di Afrika Utara, tetangga-tetangga Muslim meminta orang-orang Kristen untuk berdoa bagi anak-anak perempuan yang sakit keras, dan mereka menjadi sembuh.
ž     Di Senegal, seorang pemimpin rohani Muslim menunjuk pada kesabaran orang-orang Kristen ketika ia sendiri tidak mampu menyembuhkan mereka.
ž     Di Pakistan, setelah ziarah ke Mekah tidak menghasilkan kesembuhan bagi seorang gadis Syiah, pada akhirnya gadis ini disembuhkan oleh kuasa doa orang Kristen.

ž     Hubungan-hubungan yang sangat dekat dapat ditemukan melalui pelepasan dari kuasa roh jahat dan ketertarikan kepada Yesus. Hal yang menarik, Yesus disebut sebagai nabi penyembuh dalam Al Quran, dan memiliki kuasa atas roh-roh jahat di kitab-kitab Injil. Di Afrika Utara, seorang dukun memakai sihir untuk melawan seorang pria pengikut Yesus. Dukun tersebut menjadi tidak waras dan ditinggalkan oleh keluarganya. Tapi pria pengikut Yesus ini berdoa kepada Kristus agar boleh membebaskan dia dari kegilaanya, dan dukun inipun disembuhkan.
ž     Tentu, kuasa dan berkat (melalui Yesus di atas) bukanlah akhir dari kesaksian para mantan Muslim ini. Alkitab juga menawarkan teologi penderitaan, dimana banyak dari orang-orang Islam yang mengikuti Kristus menemukan iman mereka dikuatkan melalui penganiayaan yang mereka alami.. Ketidak puasan dengan model Islam yang mereka telah alami
ž     Mereka menyatakan ketidak-senangan terhadap Al Quran yang menekankan pada hukuman Allah dan bukan kasihnya.
ž     Liturgi doa harus dilakukan dalam bahasa Arab, sebagaimana tuntutan agama Islam. Seorang (Muslim) Jawa bertanya, “Tidakah Allah yang maha tahu mengetahui bahasa Indonesia?

ž     • Muslim lainnya mengeritik penggunaan jimat-jimat dan doa pada kuburan-kuburan orang-orang (yang dianggap) suci.
ž     Beberapa responden menyatakan, pertikaian dan pembunuhan demi mempertahankan Islam serta ketidak-tepatan hukum Islam, yang mereka katakan tidak mampu merubah hati nurani dan masyarakat. Pembebasan dari ilusi ini semakin menyebar di dunia Muslim
ž     Banyak orang Iran tertarik pada Kabar Baik setelah Revolusi Khomeini pada tahun 1979.
ž     Orang-orang Pakistan semakin menerima (Injil) setelah Presiden Zia ul-Haq (1977-1988) mencoba memberlakukan hukum Islam (syariah).













































           

















Closure :

Banyak metode yang terdapat untuk penginjilan bagi pertumbuhan gereja di masa kita saat ini. Ada yang efektif, yang lain, walaupun terkenal dan banyak digunakan, tetapi tidak begitu efektif. Tantangan yang ada adalah untuk mengenali orang-orang yang bekerja dalam konteks budaya kita. Kita harus bisa fleksibel, kreatif dan sensitif dalam perbedaan yang ada. 








SELAMAT MELAYANI & BERIMPARTASI !



                                                                        LUKAS HUTASOIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar